openSUSE Tumbleweed Bersiap Untuk Melompat ke GCC 12

Mulai minggu ini dengan distribusi rolling-release Tumbleweed openSUSE, ia menggunakan pustaka standar libgcc GCC 12 dan bersiap untuk beralih ke GCC 12 sebagai kompiler default setelah siap.
GCC 12 akan membuat debut stabilnya dalam beberapa minggu mendatang dalam bentuk GCC 12.1. Mengingat SUSE menjadi salah satu kontributor paling aktif untuk Koleksi Kompilator GNU, tidak mengherankan jika mereka dengan cepat mencari untuk meningkatkan openSUSE Tumbleweed ke rilis kompiler utama tahunan ini.

Pembaruan 5 April untuk Tumbleweed sekarang menggunakan pustaka standar libgcc GCC 12 dan akan menjadi kompiler default pada “tanggal kemudian” — kemungkinan tidak lama setelah GCC 12.1 secara resmi dibaptis. Detail lebih lanjut tentang pembaruan openSUSE Tumbleweed minggu ini melalui news.opensuse.org.
Fedora 36 yang akan segera dirilis sudah berada di snapshot GCC 12 yang hampir final sebagai kompiler sistem defaultnya. Distribusi rilis bergulir lainnya seperti Intel`s Clear Linux juga sedang mempersiapkan rilis Koleksi Kompilator GNU ini. Distribusi yang lebih konservatif seperti Ubuntu tidak akan melihat GCC 12 secara default hingga rilis 22.10 mereka di musim gugur.
GCC 12 mengaktifkan vektorisasi sekarang pada tingkat pengoptimalan -O2, meningkatkan dukungan OpenMP 5.0/5.1, mengimplementasikan fungsionalitas bahasa C++23 dan C2X tambahan, libstdc++ meningkatkan dukungan C++20/C++23, peningkatan pada GCC JIT, menambahkan dukungan untuk inti CPU Arm yang lebih baru, menambahkan dukungan Intel AVX512-FP16, mitigasi SLS x86 diperkenalkan, dan banyak tambahan dan peningkatan kompiler lainnya.

Itulah berita seputar openSUSE Tumbleweed Bersiap Untuk Melompat ke GCC 12, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.