Patch Diposting Untuk GCC LTO Mengoptimalkan Kernel Linux

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sejak tahun lalu saat membangun kernel Linux menggunakan kompiler Clang LLVM, pengoptimalan link-time (LTO) dapat diaktifkan untuk pembuatan kernel. Membangun kernel Linux dengan GCC tidak memiliki dukungan KPP sementara seri tambalan yang diposting hari ini adalah upaya terbaru untuk mewujudkannya.
Sejak digabungkan di Linux 5.16, dukungan Clang LTO berlanjut di kernel Linux bukan hanya atas nama kinerja tetapi juga diperlukan untuk dukungan CFI berbasis Clang dengan kernel.
Kembali satu dekade dan jauh sebelum Clang dapat membangun kernel Linux arus utama, telah ada tambalan KPP GCC untuk kernel Linux tetapi pada akhirnya tidak pernah digabungkan. Linus Torvalds menyatakan saat itu juga bahwa dia tidak yakin dengan KPP kernel. Namun sekarang menjelang akhir tahun 2022, ada upaya baru dukungan GCC LTO untuk kernel.
Jiri Slaby dari SUSE mengirimkan seri tambalan dukungan GCC LTO ini sebagai “panggilan pertama untuk komentar” dan sebagian didasarkan pada tambalan sebelumnya oleh Andi Kleen serta karya dari sesama insinyur SUSE Martin Liska.
Sementara pengoptimalan link-time kompiler secara umum bermanfaat untuk kinerja karena mampu melakukan pengoptimalan saat mempertimbangkan seluruh program/basis kode pada tahap penautan, setidaknya dalam kasus GCC LTO`ing dari kernel Linux dengan pengujian terbaru yang dilakukan oleh pengembang kernel, mereka tidak dapat mencatat banyak perbedaan.
Di luar perbedaan kinerja yang dapat diabaikan dalam pengujian mereka, mereka juga menemukan kernel LTO`ed menjadi lebih besar karena lebih banyak terjadi inlining.

Dalam acara apa pun bagi mereka yang tertarik dengan tambalan terbaru ini ke KPP kernel dengan kompiler GCC, mereka dapat ditemukan di milis kernel.

Itulah berita seputar Patch Diposting Untuk GCC LTO Mengoptimalkan Kernel Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.