Patch Linux Diperbarui Untuk Manajemen Daya Yang Lebih Baik Pada Server “Sapphire Rapids” AMX

Sementara dukungan Intel AMX sisi kernel mendarat di Linux 5.16 dan dukungan KVM untuk AMX di Linux 5.17, patch Linux lainnya di sekitar Advanced Matrix Extensions (AMX) tetap beredar. Satu set tambalan penting telah diperbarui minggu ini untuk memastikan manajemen daya yang tepat pada prosesor yang mendukung AMX, hadir dengan “Sapphire Rapids” Xeon Scalable tahun ini. Ternyata status register AMX yang besar pada Sapphire Rapids dapat menyebabkan status tidur daya rendah yang lebih dangkal jika tidak diinisialisasi. Seri patch Linux yang sekarang telah mengalami empat revisi selama beberapa bulan terakhir menyesuaikan kode kernel untuk memastikan status AMX diinisialisasi sebelum menekan CPU idle dengan driver Intel_Idle. Dengan memiliki status register AMX yang diinisialisasi dengan benar, prosesor Sapphire Rapids kemudian dapat mencapai status idle berdaya rendah yang jika tidak, tidak akan dapat dicapai. Tanpa ini, perbedaannya terbatas pada C1E daripada kondisi tidur C6 yang lebih dalam.

Penanganan ini sangat penting tidak hanya untuk penghematan daya keseluruhan dari server tersebut tetapi juga memastikan bahwa inti CPU lainnya memiliki peluang lebih besar untuk dapat mencapai tingkat frekuensi turbo yang lebih tinggi berkat inti tidak aktif/tidak aktif lainnya yang menggunakan lebih sedikit anggaran daya/frekuensi. Perilaku membutuhkan status register AMX yang perlu diinisialisasi untuk mencapai status tidur yang lebih dalam ini diperlakukan sebagai spesifik implementasi, jadi melewati Sapphire Rapids mungkin saja tidak demikian, tetapi untuk Xeon Scalabe tahun ini Server “SPR” seri patch ini akan memainkan peran penting. Saat ini seri patch sedang ditinjau di milis kernel. Pada saat penulisan, itu masih belum dimasukkan ke dalam cabang “-next” subsistem manajemen daya sehingga masih harus dilihat apakah itu akan mendarat untuk siklus kernel v5.19 yang akan segera terjadi — atau mungkin juga dicoba sebagai sebuah “perbaikan” untuk kernel yang ada. Agak mengejutkan bahwa seri patch yang cukup signifikan ini belum menjadi bagian dari pengaktifan AMX sebelumnya.

Itulah berita seputar Patch Linux Diperbarui Untuk Manajemen Daya Yang Lebih Baik Pada Server “Sapphire Rapids” AMX, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.