Pekerjaan yang Diperbarui di Sekitar Dukungan Penyangga Bingkai Warna Dalam 30-bit GNOME

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kembali bertahun-tahun telah menjadi upaya untuk mendapatkan dukungan warna dalam 30-bit pada desktop GNOME di bawah Wayland. Ubuntu dan lainnya tertarik untuk mendapatkan dukungan warna 30-bit yang berfungsi dengan baik untuk desktop Linux, tetapi sementara tonggak sejarah itu belum dilewati, untungnya ada beberapa pekerjaan baru ke arah itu.
Daniel Van Vugt dari Canonical yang dikenal karena karyanya pada kontribusi GNOME hulu selama beberapa tahun terakhir telah menghabiskan beberapa waktu baru-baru ini meninjau kembali dukungan penyangga bingkai warna dalam Wayland.
Permintaan penggabungan ini tetap menjadi pusat perhatian di bagian depan untuk tidak melakukan hard-coding konfigurasi frame-buffer ke GBM`s XRGB8888 tetapi pergi dengan konfigurasi pertama yang didukung.
Dalam praktiknya, ini berarti sebagian besar sistem sekarang harus mendapatkan set mode warna 30-bit alih-alih 24-bit. Ini bekerja pada sistem Intel modern (driver `iris` Mesa) misalnya. Ini tidak berfungsi pada Raspberry Pi FKMS, yang merupakan salah satu alasan mengapa kami juga perlu memeriksa dukungan format piksel bidang utama di sini…
Pertimbangan kinerja
Untuk sebagian besar driver, kami mengharapkan tidak ada perubahan dalam persyaratan bandwidth memori karena format lama dan baru adalah 4 byte per piksel. Pengomposisian klien Wayland GL asli dibuat sedikit lebih efisien menggunakan 30-bit karena mereka sudah default ke format XR30 atau AR30 bila memungkinkan. Hanya klien Xwayland lawas dan sebagian besar klien SHM yang masih menggunakan warna 24-bit yang akan melihat pengomposisian sedikit lebih lambat. Selama beberapa minggu terakhir, pekerjaan telah berbasis ulang dan peningkatan seperti pemeriksaan yang lebih baik seputar dukungan GPU sekunder. Pekerjaan terbaru Daniel pada dukungan Xilinx GNOME dengan perubahan upstream juga menyebabkan perubahan pada permintaan/tambalan penggabungan ini.

Permintaan penggabungan tetap terbuka dan dengan pembekuan fitur GNOME 43 yang telah dimulai Sabtu lalu, sepertinya kita akan menunggu hingga setidaknya GNOME 44 tahun depan sebelum berpotensi melihat dukungan warna 30-bit GNOME Wayland yang telah lama ditunggu-tunggu ini.

Itulah berita seputar Pekerjaan yang Diperbarui di Sekitar Dukungan Penyangga Bingkai Warna Dalam 30-bit GNOME, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.