Pembaruan Aplikasi Xfce untuk April 2022: Rilis Baru Mousepad, Terminal Xfce, dan Thunar


Ringkasan bulanan eksklusif “Xfce’s Apps Update” edisi April 2022 ada di sini dan dikemas dengan berita tentang rilis terbaru aplikasi, plugin, dan alat Xfce favorit Anda.

Pada April 2022, pengguna Xfce menerima teks Mousepad versi baru aplikasi editor, 0.5.9, yang menambahkan banyak barang, termasuk plugin pintasan, kemampuan untuk menelusuri riwayat, opsi pemuatan ulang otomatis, serta kemampuan untuk menyembunyikan bilah pencarian dengan menekan tombol Esc meskipun tidak fokus .

Selanjutnya, Mousepad 0.5.9 memperkenalkan beberapa perubahan mendasar untuk pengalaman yang lebih baik, termasuk pemilihan escape saat pencarian regex diaktifkan, kelas gaya mousepad untuk tema yang lebih mudah, memindahkan tanda modifikasi dokumen ke tombol Tutup, dan plugin kerangka untuk membuatnya lebih mudah untuk menulis plugin baru.

April 2022 juga menghadirkan aplikasi emulator terminal Xfce Terminal yang matang kepada pengguna Xfce, yang akhirnya mencapai versi 1.0 setelah sekitar enam belas tahun pengembangan. Terminal Xfce menerima tiga pembaruan selama bulan April, hingga versi 1.0.2, yang membeli preferensi tersembunyi DropdownParametersOnce baru yang dapat digunakan untuk mengontrol apakah jendela tarik-turun menerima argumen baris perintah setelah pembuatan, serta peningkatan pada opsi –active-tab untuk berperilaku dengan benar saat menambahkan tab ke windows yang ada.
“Dengan diperkenalkannya preferensi ini, bug lama telah diperbaiki di mana tab dapat ditambahkan ke jendela drop-down meskipun seharusnya tidak, ” kata pengembang Sergios – Anestis Kefalidis.
Juga diperbarui pada April 2022 adalah pengelola file modern Thunar untuk lingkungan desktop Xfce, ke versi 4.16.11, rilis perbaikan bug kecil yang memperbaiki masalah yang mencegah tampilan dimuat ulang saat menyalin teks, mencegah crash pada URI bookmark yang salah format, dan gangguan lainnya.

Di sisi lain, pekerjaan berlanjut pada seri lingkungan desktop Xfce 4.18, dan Thunar juga menerima rilis pengembangan 4.17.8, yang menambahkan fitur baru yang menarik seperti pencarian rekursif, GUI editor pintasan, kustomisasi toolbar, opsi untuk panel split vertikal dan untuk menampilkan jalur lengkap di tab, dan banyak lagi.

Selain itu, komponen Panel Xfce telah diperbarui ke versi 4.16.4, a rilis yang memperbaiki banyak bug dan regresi. Plugin Eyes dan Thunar Archive untuk Panel Xfce juga telah diperbarui, masing-masing ke versi 4.6.0 dan 0.5.0.

Plugin Eyes 4.6.0 hadir dengan tema Chibi baru, sedangkan plugin Thunar Archive 0.5.0 hadir dengan dukungan kompresi untuk file zip seperti ODT, DOCX, dll.), dukungan untuk manajer arsip desktop MATE, dan dukungan yang ditingkatkan untuk manajer arsip Ark KDE Plasma.

Itu saja untuk kumpulan Pembaruan Aplikasi Xfce eksklusif saya untuk April 2022. Untuk detail selengkapnya tentang perubahan yang disertakan dalam rilis aplikasi baru yang disajikan dalam ringkasan ini, Anda selalu dapat mengunjungi milis resmi di sini.

Sementara itu, jika Anda menggunakan lingkungan desktop Xfce dengan distribusi GNU/Linux favorit Anda, pastikan Anda memperbarui instalasi untuk menerima versi terbaru dari aplikasi yang disajikan dalam pengumpulan bulanan ini.

Sumber: Google, 9to5linux.com