Pemberdayaan Apple M2 Untuk Linux Dimulai Dengan Kemajuan Yang Baik

  • Post author:
  • Post category:Linux

Hector Martin yang telah memimpin upaya Asahi Linux untuk menghadirkan Linux di Apple Silicon baru-baru ini menerima MacBook Pro 13-inci 2022 barunya untuk mulai mem-porting Linux ke SoC M2 baru Apple. Meski baru memulai minggu ini, dia sudah membuat kemajuan yang signifikan. Untungnya, banyak dari kode Linux yang ditulis M1 dapat bekerja untuk M2 tetapi beberapa driver baru perlu ditulis sebelum M2 Mac baru dapat digunakan sepenuhnya di Linux.
Awal bulan ini Apple mengumumkan M2 dengan model MacBook Air dan MacBook Pro baru. Apple M2 dapat mendukung memori LPDDR5 hingga 24GB, merupakan CPU 8-inti dengan GPU hingga 10-inti, kinerja CPU hingga 18% lebih cepat daripada M1 dan kinerja GPU hingga 35% lebih cepat, dan hingga 50% bandwidth memori yang lebih besar.

Hector Martin pada hari Senin memulai upaya membawa Linux M2-nya, termasuk dengan streaming langsung upaya rekayasa balik / debugging / peretasan kernel ini. Hector mengkonfirmasi fungsionalitas NVMe, USB, dan SMC bekerja untuk M2 pada hari pertama upaya.
Hector Martin menunjukkan boot Linux pada Apple M2 dalam bentuk awal.

Sayangnya, keyboard dan trackpad dengan perangkat Apple M2 baru akan memerlukan driver baru untuk dukungan. Selain itu, SPMI akan memerlukan driver baru dan dukungan PCIe memerlukan fusemap dalam kode m1n1 untuk inisialisasi. Ada juga PCIe, PMU, Thunderbolt, DP Alt Mode, dan fungsi lainnya yang belum ditangani.
Masih ada juga dukungan grafis Apple Silicon yang perlu dibenahi sebagai gajah di dalam ruangan. Ada kemajuan yang dibuat di bagian depan itu termasuk tonggak segitiga pertama dengan driver yang sepenuhnya terbuka, tetapi masih akan berbulan-bulan sebelum memiliki driver Gallium3D OpenGL berfitur lengkap, driver kernel DRM/KMS yang cocok untuk upstreaming, dll. Jelas dukungan Vulkan akan juga menjadi persyaratan bagi sebagian pengguna juga sebelum mempertimbangkan perangkat keras sepenuhnya untuk penggunaan sehari-hari. Pekerjaan grafis M1 berlanjut dan mudah-mudahan grafis M2 tidak akan menghadirkan banyak rintangan tambahan yang besar.
Detail lebih lanjut dan aktivitasnya seputar peluncuran M2 Linux dapat ditemukan melalui Twitter:
USB berfungsi. Itu saja untuk hari ini! Hal-hal yang hilang: · Speaker belum diuji · Keyboard/trackpad membutuhkan driver baru · IPMI membutuhkan driver baru · PCIe membutuhkan fusemap di m1n1 untuk menginisialisasi Tidak buruk untuk satu hari! pic.twitter.com/lfMBd1o87e

— Hector Martin (@marcan42) 27 Juni 2022Mereka yang ingin melacak kemajuan kode dapat melihat perubahan m1n1 melalui repositori GitHub-nya. Sementara itu, perubahan kernel Linux sedang dikerjakan melalui cabang Git ini. Kemajuan porting Asahi Linux saat ini untuk berbagai sistem Apple Mac untuk SoC M1 dan M2 dapat dilacak melalui Asahi Linux Wiki.

Itulah berita seputar Pemberdayaan Apple M2 Untuk Linux Dimulai Dengan Kemajuan Yang Baik, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.