Penanganan Spekulasi Linux Mengacau Setelah Melanjutkan Dari Penangguhan Untuk Boot CPU

  • Post author:
  • Post category:Linux

Menekan pohon Git Linux arus utama hari ini adalah perbaikan yang agak menarik… Ternyata ketika Linux melanjutkan dari penangguhan S3, itu tidak memulihkan MSR untuk CPU boot dengan benar dalam menangani mitigasi eksekusi spekulatif.

Kernel Linux tidak memulihkan register spesifik model (MSR) terkait spekulasi untuk CPU boot saat melanjutkan dari penangguhan S3. Register khusus model ini penting untuk mengurangi kerentanan eksekusi spekulatif, tetapi sayangnya kode daya x86 tidak memulihkan status yang diinginkan saat melanjutkan. Pada gilirannya ini dapat membuat CPU boot rentan (meskipun CPU sekunder dipulihkan dengan benar) setelah menangguhkan sistem Linux. Setidaknya dengan hanya CPU boot yang tidak tercakup, eksposur terbatas tetapi masih mengejutkan masalah ini baru terungkap dan ditangani sekarang pada tahun 2022 setelah semua perhatian yang diterima oleh mitigasi kerentanan eksekusi spekulatif ini beberapa tahun terakhir. Ups!

Perbaikannya menggunakan kerangka kerja Linux untuk menyimpan/memulihkan register MSR tambahan di sekitar siklus penangguhan/lanjutan. MSR sebelumnya tidak ditangani dengan benar hingga perbaikan ini menyertakan MSR_IA32_SPEC_CTRL untuk kontrol spekulasi, MSR_IA32_TSX_CTRL dan MSR_TSX_FORCE_ABORT untuk kerentanan TSX Async Abort (TAA), MSR_IA32_MCU_OPT_CTRL untuk Pengambilan Sampel Data Penyangga Khusus Register di sekitar Mikroarsitek_GMD Sampling, dan (MSSR_GMD Sampling) MSRs. Saat memukul Linux 5.18 Git hari ini, perbaikan oleh insinyur Intel Pawan Gupta juga ditandai untuk porting kembali ke seri stabil Linux yang saat ini didukung.

Itulah berita seputar Penanganan Spekulasi Linux Mengacau Setelah Melanjutkan Dari Penangguhan Untuk Boot CPU, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.