Pengembang OpenSUSE Lanjutkan Membahas Tingkat Fitur Mikroarsitektur x86_64

  • Post author:
  • Post category:Linux

Menjelang openSUSE/SUSE Adaptable Linux Platform (ALP) mendatang, apakah akan meningkatkan tingkat fitur arsitektur mikro x86_64 yang diperlukan oleh OS Linux terus dievaluasi dan opsi apa yang ada untuk memanfaatkan ekstensi set instruksi x86_64 yang lebih baru tanpa harus memaksa persyaratan CPU yang diperketat / menghilangkan dukungan perangkat keras lama.
Seperti yang saya tulis di awal Maret, upaya ALP telah berupaya meningkatkan persyaratan CPU x86_64 dan berpotensi mencapai tingkat fitur x86-64-v3 di mana CPU yang mendukung AVX mungkin diperlukan.
Tiga minggu lalu dalam pelacak masalah ini untuk openSUSE dilaporkan:
Saya baru saja menerima konfirmasi bahwa ALP Proof of Concept pada Sept/Oct 2022 akan mengaktifkan x86_64-v3. Manajer rilis SUSE Lubos Kocman melanjutkan dengan berkomentar meskipun dalam tiket itu bahwa mungkin SUSE ALP dapat menargetkan x86_64-v3 tetapi openSUSE mungkin berakhir untuk x86_64-v2:
ALP openSUSE masih [sedang dibahas], karena kita dapat memutuskan untuk membangun kembali binari atau menggunakan kembali binari dari SUSE (itu akan menjadi cara Menutup Kesenjangan).
Preferensi saya adalah menggunakan -v2 di “openSUSE ALP” jika kami memutuskan untuk membangun kembali. Kami pada dasarnya telah membahas hal yang sama pada pertemuan Community WG sebelumnya. Sementara yang terjadi pada milis pabrik openSUSE telah menjadi diskusi seputar tingkat fitur arsitektur mikro x86_64. Dalam utas milis ini awalnya diangkat untuk menggunakan target x86-64-v2 untuk openSUSE Factory, yang akan mengamanatkan CPU x86_64 mendukung beberapa fitur tambahan seperti SSE4.2 dan POPCNT tetapi tidak memerlukan AVX atau FMA dan BMI.

Thread milis itu juga mengangkat masalah saat ini di sekitar tingkat fitur arsitektur mikro x86_64 yang mereka set agak arbitrer dan saat ini tidak terintegrasi dengan baik ke dalam solusi manajemen paket, dll. Karena pada akhirnya kemungkinan akan bekerja paling baik jika beberapa tingkat fitur dapat didukung secara bersamaan dan idealnya hanya menawarkan beberapa build untuk paket yang paling sensitif terhadap kinerja dan populer di mana memanfaatkan ekstensi set instruksi x86_64 yang lebih baru terbukti sangat bermanfaat dibandingkan dengan membangun kembali seluruh arsip.
Itu kemudian mengarah pada tiket diskusi RPM ini ke hulu tentang kemungkinan pengerjaan ulang bagaimana arsitektur ditangani tetapi tanpa kode tentatif atau proposal yang solid. Akan sangat bagus untuk melihat RPM dan perangkat lunak manajemen paket lainnya di luar sana lebih baik merangkul tingkat fitur x86_64 untuk memungkinkan penanganan paket yang lebih kuat terutama di mana subset paket mungkin tersedia dan sebagai bagian dari metadata paket yang dapat secara efektif berkomunikasi apa pun Persyaratan fitur CPU.
Sejauh persyaratan ALP menabrak, tampaknya bukti konsep SUSE ALP akhir tahun ini memang akan menargetkan x86_64-v3 sementara di sisi openSUSE tampaknya belum ditetapkan apakah mereka bertujuan untuk v2 atau v3. Ini sejalan dengan diskusi yang lebih luas dari distribusi Linux lainnya juga (kembali) mengevaluasi baseline x86_64 mereka dan mudah-mudahan akan mengarah pada lebih banyak peningkatan penanganan di hulu dengan manajer paket, dll.

Itulah berita seputar Pengembang OpenSUSE Lanjutkan Membahas Tingkat Fitur Mikroarsitektur x86_64, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.