Pengembangan Fitur LLVM 16.0 Berakhir – Bertujuan Untuk Rilis Kompiler Awal Maret

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pengembangan fitur LLVM 16 sekarang secara resmi berakhir dengan kode yang telah bercabang, pengembangan LLVM 17.0 sekarang terjadi dengan kode arus utama, dan stabil LLVM 16.0 berharap untuk dirilis secara resmi pada awal Maret. Overnight LLVM 16.0 telah bercabang dengan kode ini sekarang pindah ke fase perbaikan bug. Rilis LLVM 16.0-rc1 diharapkan akhir minggu ini dengan setidaknya dua kandidat rilis diharapkan selama bulan Februari. Saat ini pengembang LLVM berharap untuk merilis LLVM 16.0.0 dan subproyeknya seperti Clang 16.0 pada 7 Maret.

LLVM/Clang 16 menghadirkan banyak fitur baru termasuk dukungan awal AMD Zen 4 (masih belum ada penyetelan), dukungan Intel Emerald Rapids, dukungan Intel Meteor Lake, dukungan Intel Sierra Forest dan Grand Ridge, back-end arsitektur Xtensa, dukungan JIT untuk Offloading OpenMP, -Ofast dan -ffast-math untuk Flang, -mcpu=native / -mtune=native untuk RISC-V, banyak fitur baru diimplementasikan dalam libc++, kompresi Zstd untuk bagian ELF / debug, LLVM sekarang dibangun dengan C++ 17 secara default, dukungan Arm Neoverse V2, back-end LoongArch tidak lagi diperlakukan sebagai eksperimental, dan banyak peningkatan kompiler lainnya. LLVM 16.0 akan hadir dan akan mengadakan kompetisi persahabatan melawan GCC 13 yang diharapkan akan dirilis secara resmi pada bulan Maret atau April.

Itulah berita seputar Pengembangan Fitur LLVM 16.0 Berakhir – Bertujuan Untuk Rilis Kompiler Awal Maret, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.