Pengguna Linux Mint 20.3 Kini Bisa Upgrade ke Linux Mint 21, Begini Caranya

  • Post author:
  • Post category:Linux


Jalur pemutakhiran dari Linux Mint 20.3 “Una” ke Linux Mint 21 “Vanessa” sekarang terbuka untuk akhirnya memungkinkan pengguna meningkatkan instalasi mereka ke rilis terbaru dan terhebat dari distribusi populer berbasis Ubuntu.

Linux Mint 21 “Vanessa” baru saja dirilis akhir pekan ini dan hadir dengan basis yang lebih baru dari Linux Mint 20.3 “Una”, dari seri sistem operasi Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish), serta kernel Linux dan tumpukan grafis yang lebih baru, dan perubahan internal besar lainnya. Lihat fitur baru di Linux Mint 21.

Lakukan perubahan internal yang besar ini, proses peningkatan dari Linux Mint 20.3 ke Linux Mint 21 akan sedikit melelahkan, tetapi, untungnya, Linux Mint 21 hadir dengan Alat Upgrade baru yang dirancang untuk membuat pemutakhiran antara rilis utama Linux Mint secara signifikan lebih mudah bagi pendatang baru.

Alat pemutakhiran Linux Mint yang baru sepenuhnya dapat dikonfigurasi dan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pengalaman pemutakhiran grafis sepenuhnya, kemampuan untuk melakukan lebih banyak pemeriksaan untuk memastikan proses pemutakhiran akan berjalan lancar dalam skenario yang berbeda, kemampuan untuk mempertahankan mirror pilihan pengguna, dan peringatan tentang paket yatim piatu.
Berikut cara mengupgrade Linux Mint 20.3 ke Linux Mint 21
Pertama, pastikan Anda memiliki cadangan file terpenting, Anda tahu, untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan, dan pastikan instalasi Anda mutakhir.

Dengan Linux Mint 21, proses peningkatan dilakukan melalui utilitas baru yang dikerjakan oleh tim Linux Mint selama siklus pengembangan Linux Mint 21. Utilitas ini disebut mintupgrade (Upgrade Tool) dan ketika diluncurkan dari baris perintah, ia menyediakan proses upgrade grafis penuh kepada pengguna.

Upgrade Tool pertama kali tersedia beberapa bulan yang lalu untuk Linux Mint Debian Edition 4 , memungkinkan pengguna untuk meningkatkan ke Linux Mint Debian Edition 5. Namun, mulai hari ini, 5 Agustus 2022, ini juga tersedia untuk pengguna Linux Mint 20.3 “Una” yang ingin meningkatkan instalasi mereka ke Linux Mint 21 “Vanessa”.

Anda dapat instal mintupgrade dengan menjalankan perintah sudo apt install -y mintupgrade di aplikasi Terminal. Setelah paket mintupgrade berhasil diinstal, Anda harus menjalankan perintah sudo mintupgrade untuk memulai proses upgrade.

Kemudian, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk di layar untuk mengupgrade instalasi Linux Mint 20.3 Anda ke Linux Mint 21.

The Alat Upgrade baru memiliki beberapa fase. Ini pertama-tama akan melakukan beberapa pemeriksaan kewarasan, meminta Anda untuk melakukan pencadangan menggunakan utilitas Timeshift (Anda dapat menonaktifkannya di pengaturan Alat Peningkatan), mensimulasikan dan mengunduh paket (menunjukkan kepada Anda paket apa yang akan ditingkatkan dan dihapus), dan melakukan peningkatan yang sebenarnya .

Tentu saja, proses upgrade akan memakan waktu lama tergantung pada bandwidth Internet dan spesifikasi komputer Anda. Namun, setelah prosesnya selesai, Anda akan dapat menikmati instalasi “Vanessa” Linux Mint 21 yang baru dan fitur-fitur barunya yang menarik!
Image dibuat oleh Marius Nestor untuk 9to5linux.com – JANGAN SALIN TANPA IZIN

Sumber: Google, 9to5linux.com