Pengujian AMD P-State vs. ACPI CPUFreq Dengan Laptop Ryzen Di Linux 5.17

Salah satu fitur paling menonjol dari Linux 5.17 untuk pengguna akhir adalah pengenalan driver AMD P-State yang dirancang untuk memberikan efisiensi energi yang lebih baik daripada driver penskalaan frekuensi CPUFreq ACPI generik yang diandalkan oleh prosesor AMD Ryzen hingga saat ini. Bagi mereka yang bertanya-tanya bagaimana kinerja dan efisiensi saat ini dibandingkan untuk laptop Ryzen, berikut adalah beberapa tolok ukur yang baru-baru ini dilakukan di Linux 5.17 untuk kedua driver dan pengujian baik Schedutil dan gubernur Kinerja.

Driver AMD P-State yang diperkenalkan di Linux 5.17 dikembangkan oleh AMD bekerja sama dengan mitra seperti Valve untuk meningkatkan efisiensi perangkat keras Ryzen modern di Linux dengan dapat memiliki kontrol penskalaan frekuensi CPU yang lebih presisi. AMD P-State menggunakan ACPI CPPC (Collaborative Processor Performance Controls) yang didukung oleh prosesor Zen 2 dan yang lebih baru — jadi persyaratan yang sulit untuk amd_pstate hanya untuk Zen 2 dan perangkat keras yang lebih baru yang didukung dan motherboard juga harus mengaktifkan CPPC melalui BIOS di mana relevan.

Mengaktifkan AMD P-State di Linux 5.17 dapat sedikit mengganggu tetapi AMD membuatnya lebih mudah untuk diaktifkan, mungkin sekarang sebagai perubahan siklus 5.19. Untuk putaran pengujian ini, saya baru-baru ini menjalankan beberapa pengujian ACPI CPUFreq dan AMD P-State dari kernel Linux 5.17. Untuk ACPI CPUFreq dan AMD P-State, saya menguji kedua driver menggunakan gubernur “Schedutil” pemanfaatan penjadwal sebagai default yang digunakan oleh sebagian besar distribusi dengan CPU AMD dan sekali lagi saat menggunakan gubernur “kinerja”.

Untuk putaran pengujian ini saya menggunakan laptop Ryzen 5 5500U (Zen 2) dan Ryzen 9 5900HX (Zen 3) mengingat mereka adalah laptop AMD terbaru yang saya miliki untuk pengujian dan harus menawarkan tampilan yang menarik tentang seberapa baik amd_pstate dalam keadaan arus utama awalnya. Konsumsi daya CPU yang diekspos melalui RAPL/PowerCap dipantau untuk setiap benchmark seperti halnya suhu CPU untuk melihat dampak dari perubahan driver penskalaan frekuensi CPU AMD ini. Selain itu, frekuensi puncak CPU yang direkam untuk frekuensi tertinggi yang tercatat dari salah satu inti CPU juga dicatat.

Itulah berita seputar Pengujian AMD P-State vs. ACPI CPUFreq Dengan Laptop Ryzen Di Linux 5.17, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.