Peningkatan Kinerja & Daya APU Steam Deck OLED 6nm

Steam Deck OLED telah diuji beberapa minggu terakhir di Phoronix. Layar HDR OLED dari konsol game genggam Steam Deck yang diperbarui sangat indah dan sangat mengesankan. Secara teknis, peningkatan masa pakai baterai sangat signifikan dan salah satu hal yang paling membuat saya penasaran adalah implikasi daya/kinerja dalam peralihan dari APU Van Gogh 7nm ke versi die shrink 6nm sambil tetap mempertahankan inti CPU Zen 2 dan Grafik terintegrasi RDNA2. Berikut adalah performa dan konsumsi daya CPU antara model Steam Deck LCD dan Steam Deck OLED tidak hanya untuk bermain game tetapi juga untuk beban kerja Linux lainnya.

Sebagai kumpulan tolok ukur Steam Deck OLED pertama saya, saya penasaran untuk menekankan perangkat keras baru tersebut dengan a fokus untuk melihat perbedaan daya/kinerja dari APU AMD 6nm dibandingkan dengan APU Van Gogh 7nm sebelumnya dari Steam Deck (LCD) asli. APU 6nm secara efektif hanyalah sebuah die shrink dengan Steam Deck baru yang akan memiliki empat inti Zen 4 (8 thread), clock hingga 3,5GHz, 8 RDNA 2 CU yang clock hingga 1,6GHz, dan peringkat daya APU 4 hingga 15 Watts.

Saat menjalankan berbagai beban kerja — baik game maupun beban kerja CPU/sistem lainnya karena penasaran dengan daya/kinerja 6nm, saya juga memantau konsumsi daya SoC menggunakan antarmuka PowerCap/RAPL yang terbuka. Saya juga akan memantau suhu SoC untuk mengetahui perbedaannya tetapi tidak dimuat di SteamOS

Kedua model Steam Deck memiliki RAM 16GB dan menjalankan SteamOS terbaru yang bergulir pada pengujian.

Itulah berita seputar Peningkatan Kinerja & Daya APU Steam Deck OLED 6nm, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.