Perangkat Lunak Radeon Untuk Driver Linux 22.20 Disiapkan Dengan Ubuntu 22.04 LTS, Dukungan RHEL 9.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Untuk GPU Radeon konsumen, versi driver paket “Perangkat Lunak Radeon untuk Linux” telah ada di seri 22.10 sejak akhir Maret. Untuk grafis profesional/workstation AMD Radeon PRO, driver “Radeon Pro Software for Enterprise di Linux” yang diiklankan masih merupakan driver 21.Q4 dari Desember lalu. AMD tampaknya akhirnya bersiap untuk merilis driver paket “22.20” sebagai rilis fitur berikutnya untuk tumpukan driver AMD Linux paket ini bagi mereka yang tidak hanya mengandalkan kernel upstream dan Mesa.
Perangkat Lunak Radeon untuk versi driver paket Linux terutama ditujukan untuk pengguna perusahaan/profesional yang menjalankan distribusi Linux perusahaan seperti SUSE, Ubuntu, dan RHEL/CentOS. Gamer dan orang lain yang menjalankan distribusi Linux mutakhir biasanya lebih baik menjalankan komponen kernel / Mesa Linux upstream tersebut untuk dukungan terbaik kecuali membutuhkan OpenCL/ROCm atau memiliki beban kerja di mana driver Vulkan berpemilik kebetulan berkinerja lebih baik.
Sudah lama sejak pembaruan driver Radeon Linux paket terakhir — dan sekarang lebih dari enam bulan sejak rilis driver Linux perusahaan terakhir — tetapi 22.20 telah diunggah ke arsip paket AMD. AMD belum mengumumkan driver 22.20 tetapi itu muncul dalam semalam melalui repo.radeon.com di mana penginstal mengambil binari paket yang diperlukan.

Tanpa pengumuman AMD.com, catatan rilis resmi belum diterbitkan untuk merinci semua yang telah berubah dalam rilis driver Linux paket baru ini. Apa yang paling menonjol ketika melalui repositori Radeon sekarang memiliki entri untuk Jammy — dengan kata lain, Ubuntu 22.04 LTS sekarang akan didukung. Ubuntu 22.04 LTS dirilis kembali pada bulan April tetapi AMD tidak memberikan dukungan “hari yang sama” dan sekarang saat kami memasuki bulan Juli, sepertinya mereka akan memiliki dukungan resmi Ubuntu 22.04 mereka.

Demikian pula, paket 22.20 yang baru juga merupakan dukungan pertama Red Hat Enterprise Linux 9.0 di sisi RHEL. RHEL 9.0 mencapai ketersediaan umum pada bulan Mei. Di sisi SUSE, SUSE Enterprise Linux 15 SP4 yang baru dirilis sekarang juga didukung.
Jadi setidaknya semua distribusi Linux perusahaan akan didukung oleh driver Linux paket 22.20 series yang akan segera hadir ini, sekarang tinggal menunggu rilis resmi di AMD.com untuk melihat catatan rilis untuk perubahan penting lainnya. Paket 22.20 dapat diunduh dari repo.radeon.com sebelum pengumuman resmi.

Itulah berita seputar Perangkat Lunak Radeon Untuk Driver Linux 22.20 Disiapkan Dengan Ubuntu 22.04 LTS, Dukungan RHEL 9.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.