Perangkat Lunak Radeon untuk Linux 22.10.2 Menghadirkan Dukungan RX 6650/6750/6950 XT, Kompatibel dengan RHEL 9

Minggu lalu AMD diam-diam merilis paket driver Radeon Software untuk Linux baru yang berfokus pada penyediaan “Open” dan “PRO” sumber terbuka sepenuhnya (menampilkan beberapa komponen berpemilik, OpenGL / Vulkan) untuk distribusi Linux perusahaan.
Perangkat Lunak Radeon untuk Linux tetap menjadi fokus dukungan grafis AMD Linux modern untuk RHEL/CentOS, rilis Ubuntu LTS, dan SUSE Linux Enterprise untuk menawarkan dukungan driver grafis terbaru mereka bahkan dengan distribusi Linux perusahaan yang umumnya berjalan pada kernel lama. Tetapi bagi mereka yang menjalankan distribusi Linux modern dengan komponen terbaru, menggunakan kernel Linux dan paket Mesa yang ada cenderung menjadi pilihan yang jauh lebih baik — terutama untuk para gamer.
Perangkat Lunak Radeon untuk Linux 22.10.2 dirilis seminggu yang lalu dan saya akhirnya diberitahu tadi malam. Hanya ada dua perubahan yang dicatat: mendukung kartu penyegaran RDNA2 dan dukungan RHEL yang lebih baru.
Kartu grafis Radeon RX 6650 XT / RX 6750 XT / RX 6950 XT sekarang didukung oleh driver paket ini. Tidak terlalu mengejutkan mengingat pada dasarnya penambahan PCI ID baru untuk kartu-kartu ini, tetapi bagaimanapun juga tetap ada. (Datang nanti hari ini atau besok saya akan membuat review Radeon RX 6750 XT Linux.)

Perubahan lainnya sekarang memiliki dukungan untuk Red hat Enterprise Linux 8.6 dan juga Red Hat Enterprise Linux 9.0 yang baru dicetak. Mengingat fokus perusahaan dari Radeon Software untuk driver paket Linux, masuk akal jika mereka mendukung RHEL9 dengan cepat. Sementara itu rilis ini belum mendukung Ubuntu 22.04 LTS tetapi hanya tumpukan HWE Ubuntu 20.04.4 / 18.04.5.
Unduh driver PRO/Open Linux paket AMD baru ini melalui AMD.com.

Itulah berita seputar Perangkat Lunak Radeon untuk Linux 22.10.2 Menghadirkan Dukungan RX 6650/6750/6950 XT, Kompatibel dengan RHEL 9, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.