Perf Tooling Linux 6.0s Siap Untuk AMD Zen 4 IBS

  • Post author:
  • Post category:Linux

Awal tahun ini AMD mulai memposting patch kernel Linux untuk >a href=”https://www.phoronix.com/news/AMD-Zen-4-IBS-Linux”>ekstensi Instruction Based Sampling (IBS) yang datang dengan prosesor Zen 4 . Dengan Linux 5.19, ekstensi Zen 4 IBS mendarat sementara sekarang dengan Linux 6.0, alat perf telah diperbarui untuk menangani Zen 4 IBS.
Dikirim pada hari Kamis untuk jendela penggabungan Linux 6.0 adalah perubahan alat perf. Yang menonjol di antara pembaruan perkakas adalah mendukung Zen 4 IBS:
Tambahkan dukungan untuk fitur AMD IBS (Instruction Based Sampling) baru:
Dengan ekstensi DataSrc, sumber data dapat didekodekan di antara:
– L3 Lokal atau L1/L2 lainnya di CCX.
– Sebuah cache rekan di CCX dekat.
– Data dikembalikan dari DRAM.
– Sebuah cache rekan di CCX jauh.
– Peta alamat DRAM dengan set bit “latensi panjang”.
– Data dikembalikan dari MMIO/Config/PCI/APIC.
– Memori Ekstensi (S-Link, GenZ, dll – diidentifikasi oleh target CS dan/atau peta alamat sesuai pilihan DF).
– Memori Agen Peer. Selain menyiapkan alat perf untuk Pengambilan Sampel Berbasis Instruksi Zen 4, pembaruan alat lainnya termasuk sub alat “perf lock contention” baru, alat “perf kwork” untuk melacak properti waktu kerja kernel, mendukung penelusuran perangkat keras dengan Intel PT pada VM tamu, file JSON Intel Meteor Lake untuk acara perf telah ditambahkan, berbagai peningkatan sistem hybrid, dan perubahan kecil lainnya.
Gambar: AMD

Seperti yang dilaporkan dalam berbagai artikel selama berbulan-bulan, para insinyur AMD sangat sibuk mempersiapkan dukungan Zen 4 Linux untuk hari peluncuran. Tampaknya mereka memiliki semua basis yang tercakup sekarang selain dari beberapa kode driver audio yang terlambat dan sekarang sedang mengerjakan beberapa fitur “baik untuk dimiliki” lainnya tetapi bukan fitur wajib seperti di sekitar integrasi kinerja IBS ini. Kita akan segera melihat seberapa baik prosesor AMD Ryzen Zen 4 bekerja di Linux.

Itulah berita seputar Perf Tooling Linux 6.0s Siap Untuk AMD Zen 4 IBS, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.