Performa “CC_OPTIMIZE_FOR_PERFORMANCE_O3” Merdu Turun Di Linux 6.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Mengikuti diskusi upstream baru-baru ini seputar pengoptimalan kompiler -O3 untuk kernel Linux, sakelar Kconfig yang mengiklankan opsi ini sedang dihapus di Linux 6.0. Kembali pada bulan Juni adalah diskusi kernel Linux tentang penggunaan optimasi kompiler -O3 pada kernel Linux dengan ada sakelar Kconfig “CC_OPTIMIZE_FOR_PERFORMANCE_O3” yang menetapkan flag kompiler “-O3” untuk pembuatan kernel tetapi terbatas pada arsitektur CPU ARC. Ada proposal untuk memperluas opsi itu agar mudah digunakan oleh arsitektur CPU apa pun untuk kernel sambil dengan jelas menandainya sebagai eksperimental. Dari diskusi itu, Linus Torvalds pernah mendapatkan keuntungan terhadap -O3 yang mengoptimalkan kernel karena potensi bug yang sulit didiagnosis/direproduksi yang diperkenalkan oleh pengoptimalan kompiler. Pengembang kernel upstream lainnya juga mengkritik bahwa tingkat optimasi yang lebih tinggi di atas tingkat default -O2 karena risikonya, terutama dengan kompiler dan memori yang lebih tua dari saat -O3 cenderung lebih bermasalah. Selain itu, sakelar Kconfig khusus ini benar-benar tidak diperlukan ketika aplikasi yang sama dapat dicapai dengan pengaturan “KCFLAGS=-O3.” Jadi sekarang dengan pembaruan Kbuild untuk Linux 6.0, CONFIG_CC_OPTIMIZE_FOR_PERFORMANCE_O3 dihapus seluruhnya.

Mereka yang ingin lebih mengoptimalkan kernel mereka untuk kinerja masih dapat menggunakan “KCFLAGS=-O3” meskipun tolok ukur pembuatan kernel -O3 Linux saya dari musim panas ini tidak menunjukkan bahwa itu sangat berguna.

Itulah berita seputar Performa “CC_OPTIMIZE_FOR_PERFORMANCE_O3” Merdu Turun Di Linux 6.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.