PoCL 3.1-RC1 Dirilis Dengan Peningkatan Dukungan SPIR-V Untuk Driver CPU & CUDA, Vulkan WIP

  • Post author:
  • Post category:Linux

PoCL 3.1 hampir dirilis sebagai “Bahasa Komputasi Portabel” yang paling dikenal untuk melayani sebagai implementasi OpenCL berbasis CPU tetapi melalui penggunaan LLVM-nya juga memungkinkan mendukung eksekusi OpenCL di atas NVIDIA CUDA dan target lainnya.
Dengan dirilisnya PoCL 3.1-RC1 pada hari Selasa, sekarang ada dukungan SPIR-V yang “jauh lebih baik” untuk target driver CPU dan CUDA. Perubahan penting lainnya dengan PoCL 3.1 adalah menambahkan dukungan untuk tumpukan kompiler LLVM/Clang 15 yang baru dirilis.
PoCL 3.1-RC1 juga berisi pengerjaan ulang besar pada driver perangkat kustomnya, banyak pekerjaan pada driver Vulkan yang sedang dalam proses, dan dukungan dasar untuk cl_khr_command_buffer.
Ya, PoCL bekerja pada driver Vulkan untuk mengizinkan OpenCL berjalan di atas Vulkan API — ada berbagai implementasi OpenCL-on-Vulkan lainnya seperti CLVK, menggunakan Mesa`s Rusticl di atas Zink untuk konsumsi driver Vulkan, dan lain-lain. PoCL sedang bekerja untuk bergabung dengan partai juga dengan implementasi drivernya sendiri untuk Vulkan.
Driver Vulkan yang tidak lengkap untuk PoCL ini bergantung pada libvulkan dan clspv dan sejauh ini telah diuji terhadap driver open-source Mesa Vulkan. Pengemudi saat ini mengimplementasikan sebagian besar Vulkan 1.2 API sementara belum berfungsi adalah dukungan gambar OpenCL, tidak ada cache perintah buffer, dan elemen lain yang hilang. Lihat halaman dokumentasi ini untuk detail lebih lanjut tentang status PoCL-Vulkan saat ini.

Mereka yang ingin membantu dalam pengujian PoCL 3.1-RC1 dapat menemukan kode sumbernya di GitHub. Pelajari lebih lanjut tentang implementasi OpenCL portabel ini secara umum di PortableCL.org.

Itulah berita seputar PoCL 3.1-RC1 Dirilis Dengan Peningkatan Dukungan SPIR-V Untuk Driver CPU & CUDA, Vulkan WIP, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.