Poin Kerja Mesa AGX Terbaru Ke Lebih Banyak Kemiripan Apple M1/M2 Dengan Grafik PowerVR

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sejak Apple memperkenalkan M1 dua tahun lalu sebagai Apple Silicon in-house mereka untuk laptop dan desktop dengan prosesor AArch64 yang kuat dan prosesor grafis yang dirancang khusus, ada banyak spekulasi tentang apakah grafis Apple M1 (dan sekarang M2) bersih. -sheet desain Apple atau berasal dari grafik Imagination PowerVR yang telah digunakan Apple dengan SoC sebelumnya. Ada beberapa kesamaan yang dikemukakan sebelumnya dengan tim Asahi Linux yang bekerja untuk mengaktifkan Apple M1/M2 di Linux sementara aktivitas driver Mesa terbaru menunjukkan bit yang lebih umum antara perangkat keras grafis PowerVR dan grafis Apple AGX.
Berkat kerja tim Asahi Linux dan kerja mereka untuk merekayasa balik dukungan Apple Silicon untuk Linux, termasuk ambisi mereka seputar dukungan driver GPU open-source, terus ada tanda-tanda grafis Apple membawa beberapa garis keturunan kembali ke PowerVR.
Menarik perhatian saya kemarin adalah permintaan penggabungan Mesa ini: asahi: Tulis ulang kode emisi negara menggunakan informasi dari driver Mesa PowerVR. Alyssa Rosenzweig yang telah memimpin pekerjaan pada dukungan driver open-source Mesa Gallium3D/OpenGL Apple menjelaskan dalam MR itu:
Melihat definisi PPP PowerVR di pohon di Mesa (src/imagination/csbgen/), kami menemukan bahwa struktur data “tagged” AGX sebenarnya adalah urutan item status yang diawali dengan header yang menentukan status mana yang mengikuti. Daripada melakukan hardcoding urutan di mana driver Apple memilih untuk menggabungkan status, kami membutuhkan XML untuk cukup fleksibel untuk mengkodekan atau mendekode kombinasi status yang valid. Itu berarti mengerjakan ulang XML. Saat melakukannya, kami menemukan sejumlah bidang yang identik antara RGX dan AGX, dan memperbaiki nama saat itu (misalnya, titik mengambang W Clamp).
Nama berasal dari kode PowerVR di Mesa jika masuk akal.
…Wawasan ini sekarang dimungkinkan sejak awal tahun ini Imagination menerbitkan driver PowerVR Vulkan open-source yang digabungkan ke Mesa arus utama. (Imajinasi juga telah bekerja pada driver grafis kernel DRM open-source juga untuk PowerVR Rogue.) Dari melihat kode PowerVR Mesa itulah kesamaan terbaru dengan perangkat keras grafis Apple ditemukan. Memang, cakupannya terbatas dan masih belum jelas sampai sejauh mana grafis Apple M1/M2 berasal dari PowerVR IP.
Saat ini menjalankan (Asahi) Linux di Apple M1/M2 berarti rasterisasi perangkat lunak berbasis CPU LLVMpipe hingga upaya driver GPU open-source lebih jauh lagi baik untuk kode Mesa dan driver Direct Rendering Manager kernel yang sedang berkembang.

Grafis open-source Apple penulisan driver dan pekerjaan rekayasa tetap berlangsung. Tujuan terbaru yang diungkapkan adalah semoga melihat dukungan OpenGL 2.1 pada akhir tahun 2022 meskipun mungkin perlu waktu lebih lama dari itu sebelum driver kernel DRM di-upstream di kernel arus utama.

Itulah berita seputar Poin Kerja Mesa AGX Terbaru Ke Lebih Banyak Kemiripan Apple M1/M2 Dengan Grafik PowerVR, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.