Porteus Linux 5.0 Berbasis Slackware Dirilis dengan Delapan Rasa Desktop, Linux 5.18

  • Post author:
  • Post category:Linux


Tim Porteus Linux hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Porteus Linux 5.0 sebagai rilis stabil terbaru dari distribusi GNU/Linux portabel, lengkap, dan cepat ini berdasarkan Slackware Linux.

Berbasis pada Slackware 15.0 dan didukung oleh Linux 5.18 terbaru dan terbaik kernel series dan BusyBox 1.35, Porteus Linux 5.0 hadir lebih dari empat tahun setelah versi 4.0 untuk menawarkan teknologi GNU/Linux terbaru dan pilihan tidak kurang dari delapan varian desktop sebagai edisi ISO mandiri dan live.

Kedelapan varian ini mencakup beberapa yang lebih baru rilis lingkungan desktop seperti Xfce 4.16, LXQt 1.1.0, Cinnamon 5.4.2, dan MATE 1.26, tetapi juga beberapa yang lebih lama seperti KDE Plasma 5.23.5 dan GNOME 41.5. Selain itu, Anda akan menemukan edisi langsung dengan lingkungan desktop LXDE yang lebih lama dan manajer jendela Openbox yang lebih ringan. Manajemen paket

telah ditingkatkan dalam rilis ini berkat penambahan manajer paket slackpkg dan slpkg Slackware, serta pembungkus sederhana pmod untuk slackpkg untuk menghasilkan modul untuk paket, serta pkginfo, skrip kecil untuk menyediakan berbagai informasi tentang paket yang diinstal.

Perubahan menarik lainnya termasuk dalam rilis ini adalah pemindahan Perl ke repositori 05-devel untuk memudahkan instalasi dan dukungan untuk instalasi NMVe di bootloader syslinux. Tentu saja, ada juga banyak penyesuaian dan pengoptimalan pada skrip inti yang membuat Porteus Linux lebih cepat dan lancar.

Jika Anda ingin mencoba Porteus Linux 5.0 di komputer pribadi Anda, Anda dapat mengunduh salah satu dari delapan edisi ISO langsung sekarang dari mirror resmi (HTTP bukan peringatan situs web yang aman). Tujuh di antaranya juga didukung pada komputer 32-bit (i586) yang lebih lama.

Semua edisi ISO dapat diinstal, dan pengembang menyarankan Anda memilih mirror tercepat untuk mengunduh paket setelah penginstalan dengan menjalankan perintah mirror tercepat di konsol root, seperti serta untuk menetapkan kata sandi default untuk pengguna tamu dan akun root, dan menginstal browser web pilihan Anda menggunakan utilitas Pilihan dan Pembaruan Browser.

Sumber: Google, 9to5linux.com