Praktis dengan Penginstal Berbasis Menu Baru Arch Linux


Arch Linux 2022.05.01 telah dirilis hari ini sebagai snapshot ISO untuk Mei 2022, dan ini adalah yang pertama dikirimkan dengan skrip penginstal Archinstall terbaru yang menampilkan sistem menu baru.

Awal minggu ini, pengembang Arch Linux merilis Archinstall 2.4. 1 (telah diperbarui ke versi 2.4.2 sehari kemudian untuk memperbaiki beberapa bug), rilis yang memperkenalkan banyak fitur dan peningkatan baru, serta sistem menu baru untuk membuat penginstalan Arch Linux lebih mudah bagi pendatang baru.

Sekarang, versi Archinstall terbaru dikirimkan secara default dengan snapshot Arch Linux ISO terbaru untuk instalasi Arch Linux generasi berikutnya, dan saya ingin tahu cara kerjanya dan betapa mudahnya menginstal distribusi rolling-release populer ini dibandingkan dengan sistem instalasi sebelumnya.

Setelah bermain sedikit dengan penginstal Arch Linux yang baru, saya harus mengatakan bahwa ini menghemat banyak waktu untuk menyiapkan segalanya sebelum menginstal sistem. Semuanya sekarang ditampilkan sekilas sekarang, dan pengaturan dijelaskan di setiap bagian sehingga Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Saya suka fakta bahwa Anda tidak perlu menekan Esc untuk kembali sebagai penginstal berbasis menu baru secara otomatis mengembalikan Anda ke menu utama setelah memilih opsi. Selain itu, ini memperingatkan Anda di bagian bawah menu utama jika Anda lupa mengatur sesuatu. Ingatlah bahwa Anda memerlukan koneksi Internet aktif atau Archinstall tidak akan berfungsi!

Selain itu, penginstal Arch Linux yang baru memudahkan untuk menyimpan konfigurasi jika Anda ingin menginstal sistem di lain waktu dan Anda tidak ingin mengatur segalanya. Intinya, dengan penginstal berbasis menu yang baru, dibutuhkan kurang dari 5 menit untuk mengkonfigurasi dan memulai penginstalan.

Jika Anda mengalami masalah saat menginstal Arch Linux sebelumnya, saya sangat menyarankan Anda untuk mencoba penginstal berbasis menu baru dengan mengunduh Arch Linux 2022.05.01 ISO rilis dari situs resmi. Snapshot ISO baru juga disertakan dengan kernel Linux 5.17.5 terbaru untuk dukungan perangkat keras terbaik.

Sumber: Google, 9to5linux.com