Protokol X.Org 2022.2 Dirilis Dengan Ekstensi XWAYLAND, DRI3 v1.3

  • Post author:
  • Post category:Linux

Xorgproto 2022.2 telah dirilis sebagai versi terbaru dari kumpulan protokol X.Org/X11 ini. Yang paling menonjol dengan pembaruan xorgproto yang langka ini adalah pengenalan ekstensi baru, XWAYLAND.
Ekstensi XWAYLAND untuk protokol X.Org hanyalah ekstensi bodoh yang perlu diperhatikan untuk aplikasi/perangkat lunak yang dijalankan di bawah XWayland. Ekstensi XWAYLAND menyediakan protokol minimal untuk diimplementasikan di bawah server XWayland sehingga aplikasi dapat dengan andal mengetahui apakah itu berjalan di XWayland atau tidak untuk kemudian menunjukkan Server X.Org asli (atau server XWayland yang lebih lama).
Perangkat lunak sampai saat ini telah melakukan berbagai pemeriksaan untuk mencoba menentukan apakah berjalan di bawah XWayland sementara memiliki ekstensi sederhana ini adalah cara yang lebih kuat untuk menentukan lingkungannya dengan memeriksa apakah ekstensi XWAYLAND ada. Ini cukup sederhana tetapi berguna jika perlu mengetahui dengan andal apakah game/aplikasi Anda berjalan di bawah XWayland untuk penanganan perilaku yang berbeda atau mengatasi masalah apa pun.
Rilis xorgproto 2022.2 juga memperbarui protokol DRI3 ke versi 1.3 untuk permintaan DRI3SetDRMDeviceInUse baru. Detail lebih lanjut tentang pembaruan xorgproto 2022.2 kecil melalui pesan xorg-announce.

Itulah berita seputar Protokol X.Org 2022.2 Dirilis Dengan Ekstensi XWAYLAND, DRI3 v1.3, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.