Proyek Asahi Linux Membuat Kemajuan Pada USB3, Menuju Dukungan Speaker, Keyboard Backlight

  • Post author:
  • Post category:Linux

Kru Asahi Linux telah menerbitkan laporan status November 2022 mereka yang menyoroti kemajuan sumber terbuka baru-baru ini dalam mendukung perangkat Apple Silicon M1/M2 di Linux.
Kemajuan yang baik terus dibuat untuk sepenuhnya mendukung SoC dan sistem berbasis Arm modern Apple di Linux berkat komunitas sumber terbuka yang merekayasa balik. Beberapa tonggak Asahi Linux terbaru dalam upaya panjang ini meliputi:
– Berkat kerja driver PHY, mode USB3 untuk port Thunderbolt seharusnya cukup solid. Sebelumnya Asahi Linux mengoperasikan port Thunderbolt hanya sebagai USB2. Beberapa gangguan dalam dukungan USB3 diharapkan.
– Speaker MacBook / MacBook Pro / MacBook Air terintegrasi tetap dinonaktifkan secara default tetapi kemajuan sedang dibuat untuk dapat mengaktifkannya dengan aman.
– Dukungan colokan headphone sekarang berfungsi di seluruh spektrum perangkat setelah merekayasa balik codec headphone CS42L84.
– Dukungan lampu latar keyback sekarang berfungsi.
– Terus bekerja di sekitar manajemen daya.
– Perbaikan lanjutan pada penginstal Asahi Linux.
– Seperti yang dilaporkan dalam artikel sebelumnya, driver kernel DRM yang ditulis oleh Rust dan driver AGX Gallium3D Mesa terus dalam pengembangan aktif untuk mendukung grafis Apple Silicon.
Apple M2 vs. AMD Rembrandt vs. Intel Alder Lake Linux Benchmarks

Laporan status bulan November selengkapnya dapat dibaca melalui AsahiLinux.org.

Itulah berita seputar Proyek Asahi Linux Membuat Kemajuan Pada USB3, Menuju Dukungan Speaker, Keyboard Backlight, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.