QEMU 7.0 Dirilis Dengan Dukungan Intel AMX, Banyak Tambahan RISC-V

QEMU 7.0 keluar hari ini sebagai versi terbaru dari bagian penting dari tumpukan virtualisasi Linux open-source ini.
Sejak QEMU 6.2 pada akhir tahun lalu, pengembang di Red Hat dan organisasi lain telah sibuk mengerjakan QEMU 7.0 karena emulator sumber terbuka ini banyak digunakan sebagai bagian dari tumpukan virtualisasi perangkat lunak Linux gratis. QEMU 7.0 menghadirkan dukungan untuk Intel AMX, banyak pekerjaan RISC-V yang sedang berlangsung, dan banyak lagi. Beberapa sorotan QEMU 7.0 meliputi:
– QEMU terus berkembang untuk dukungan arsitektur CPU RISC-V. QEMU 7.0 mendukung ekstensi RISC-V`s 1.0 Vector dalam bentuk yang diratifikasi, dukungan RISC-V KVM yang baru-baru ini digarisbawahi, dukungan eksperimental untuk CPU 128-bit, dan dukungan untuk berbagai ekstensi RISC-V terbaru lainnya. Mesin virt RISC-V sekarang juga mendukung hingga 32 core.
– QEMU 7.0 pada x86 menambahkan dukungan untuk Intel Advanced Matrix Extensions (AMX). Intel AMX adalah salah satu tambahan besar yang datang dengan prosesor “Sapphire Rapids” Xeon Scalable yang dikirimkan akhir tahun ini dan para insinyur Intel open-source telah sibuk menyalurkan dukungan AMX di seluruh tumpukan Linux.
– Bit awal dukungan SR/IOV telah mendarat untuk kode PCI/PCIe QEMU.
– Ada opsi “-display dbus” baru untuk mengekspor tampilan QEMU untuk proses eksternal. Opsi tampilan Dbus ini ditujukan untuk widget gtk4-rs dalam pengembangan untuk Kotak GNOME, Virt-Viewer, dan perangkat lunak lainnya di masa mendatang.
– Fleecing backup sekarang dianggap lebih fleksibel.
– QEMU 7.0 untuk OpenRISC sekarang mendukung hingga empat inti di mana seperti sebelumnya terbatas pada dua inti.
– QEMU 7.0 menjatuhkan dukungan untuk CPU PowerPC 401/403/601/602 lama.
– Menjatuhkan Armv4 dan Armv5 dari Tiny Code Generator (TCG).
– QEMU di sisi arsitektur Arm memiliki berbagai peningkatan pada papan virtnya, model papan Mori BMC baru, dukungan untuk meniru fitur LVA / LPA / LPA2, dan peningkatan emulasi Xilinx Versal-virt.
Unduhan dan detail lebih lanjut tentang rilis QEMU 7.0 melalui QEMU.org.

Itulah berita seputar QEMU 7.0 Dirilis Dengan Dukungan Intel AMX, Banyak Tambahan RISC-V, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.