QEMU 7.0 Dirilis dengan Dukungan KVM untuk RISC-V, ARM, dan Peningkatan OpenRISC


Emulator mesin dan virtualizer sumber terbuka QEMU 7.0 telah dirilis hari ini sebagai pembaruan besar untuk backend virtualisasi kuat yang digunakan oleh perangkat lunak populer seperti Kotak GNOME untuk virtualisasi mesin.

Hampir setahun dalam pengerjaan, QEMU 7.0 hadir dengan fitur-fitur baru utama seperti dukungan untuk mencatat acara tamu melalui antarmuka ACPI ERST, dukungan label keamanan yang ditingkatkan untuk sistem file bersama virtiofs untuk mesin virtual, peningkatan fleksibilitas untuk cadangan fleecing, termasuk dukungan untuk gambar non-qcow2, serta dukungan untuk Intel AMX pada platform x86 .

Untuk platform ARM, rilis ini menambahkan dukungan papan ‘virt’ untuk virtio-mem-pci dengan kemampuan untuk menentukan topologi CPU tamu dan mengaktifkan PAuth saat menggunakan KVM/hvf, dukungan papan ‘xlnx-versal-virt’ untuk PMC SLCR dan emulasi kontroler memori flash OSPI, serta dukungan untuk ‘xlnx-zynqmp’ untuk memodelkan kontrol CRF dan APU.

Untuk platform RISC-V, QEMU 7.0 memperkenalkan KVM (Mata Virtual berbasis Kernel chine) dukungan, dukungan mesin ‘spike’ untuk pemuatan biner OpenSBI, dukungan untuk ekstensi 1.0 Vector yang telah diratifikasi, dukungan untuk ekstensi Zve64f, Zve32f, Zfhmin, Zfh, zfinx, zdinx, dan zhinx{min}, serta ‘virt’ dukungan mesin untuk 32 inti dan dukungan AIA.

Untuk platform OpenRISC, ia menambahkan dukungan papan ‘sim’ hingga 4 inti untuk memungkinkan pemuatan gambar initrd eksternal dan untuk secara otomatis menghasilkan pohon perangkat untuk kernel boot. Juga, untuk platform HPPA, rilis QEMU baru menambahkan dukungan hingga 16 vCPU, meningkatkan driver grafis untuk lingkungan HP-UX VDE/CDE, memungkinkan pengguna untuk mengatur urutan boot SCSI, dan mengimplementasikan berbagai fitur baru lainnya.

Terakhir tetapi tidak setidaknya, dukungan PowerPC ditingkatkan dengan dukungan emulasi ‘pseries’ untuk menjalankan tamu sebagai hypervisor KVM bersarang, dukungan untuk perangkat spapr-nvdimm, peningkatan emulasi ‘powernv’ untuk XIVE dan PHB 3/4, serta dukungan untuk XIVE2 dan PHB5 .

Selain itu, platform s390x (IBM System z) menerima dukungan untuk “Miscellaneous-Instruction-Extensions Facility 3” z15 extension.

QEMU 7.0 berisi lebih dari 2500 commit dari 225 penulis, jadi lihat log perubahan lengkap untuk detail selengkapnya. Sementara itu, Anda dapat mengunduh sumber QEMU 7.0 sekarang juga dari situs web resmi jika Anda ingin mengompilasinya, atau menunggu rilis baru untuk mendarat di repositori perangkat lunak stabil dari distribusi GNU/Linux favorit Anda ke update.

Sumber: Google, 9to5linux.com