Qt 6.3 Dirilis Dengan Peningkatan Dukungan Wayland, Modul Server Bahasa Qt

Perusahaan Qt telah secara resmi merilis Qt 6.3 sebagai pembaruan setengah tahun terbaru untuk toolkit lintas platform open-source mereka.
Qt 6.3 keluar sebagai pembaruan musim semi besar ke Qt6 dan mengikuti Qt 6.2 LTS mereka dari akhir tahun lalu. Qt 6.3 menyertakan modul “Qt Language Server” baru, sejumlah fungsi baru dalam modul Qt Core, Qt Quick telah menambahkan MessageDialog yang akan menyediakan kotak pesan dialog asli pada platform yang didukung, “qmltc” sebagai kompiler tipe QML baru , modul Qt Wayland Compositor menambahkan Qt Shell yang mendukung semua fitur sistem windowing yang ditangani oleh Qt, Qt Wayland sekarang dapat mendukung pembuatan ekstensi shell kustom, dukungan untuk protokol Waktu Presentasi Wayland, dan fitur serta peningkatan baru lainnya.
Modul Server Bahasa Qt baru dengan Qt 6.3 mengimplementasikan spesifikasi Language Server Protocol (LSP) dan protokol JsonRpc 2.0 untuk memungkinkan integrasi yang lebih baik dengan editor kode sumber / IDE. QML Type Compiler baru mengkompilasi struktur objek QML ke dalam kelas C++ sedangkan QML Script Compiler baru akan mengkompilasi fungsi dan ekspresi ke dalam kode C++. Ada juga QML Lint baru untuk menemukan kode yang mungkin tidak dapat diterjemahkan dengan baik dengan kompiler baru. Perusahaan Qt mengharapkan bahwa kerja kompiler QML baru ini akan menghasilkan percepatan hingga 30% untuk waktu start-up dan eksekusi.
Qt PDF juga telah masuk ke Qt 6.3 sebagai port pertama modul ke Qt6 dan sekarang pada tingkat fungsionalitas Qt 5.15 yang serupa, peningkatan penanganan bahasa, berbagai peningkatan dukungan iOS dan Android, dan banyak lagi.
Lihat pengumuman rilis pagi ini untuk detail lebih lanjut tentang perubahan Qt 6.3.
Adapun apa selanjutnya, The Qt Company mencatat dalam pengumuman hari ini, “Qt 6.3 adalah langkah besar menuju rilis berikutnya, Qt 6.4 dan rilis LTS berikutnya untuk seri Qt 6, Qt 6.5. Kami memiliki beberapa rencana hebat untuk rilis tersebut, yang mencakup antara lain dukungan penuh untuk WebAssembly, QHttpServer, dukungan gRPC, backend lintas platform berbasis FFmpeg untuk Qt Multimedia, Qt Speech, Qt Location, dan dukungan Look&Feel asli yang lebih baik di Windows 11 dan iOS.”

Itulah berita seputar Qt 6.3 Dirilis Dengan Peningkatan Dukungan Wayland, Modul Server Bahasa Qt, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.