Qualcomm Menjelajahi Hibernasi Berbasis Bootloader Untuk Linux

Insinyur Qualcomm sedang mengeksplorasi hibernasi berbasis bootloader untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat memulihkan dari keadaan hibernasi.
Termotivasi di sekitar persyaratan dalam kasus penggunaan otomotif, Qualcomm mengusulkan hibernasi berbasis bootloader sebagai cara untuk memulihkan sistem Linux dengan lebih cepat setelah meninggalkan status hibernasi dengan mengurangi waktu hingga ada gambar di layar. Ini adalah contoh lain dari Linux yang diadaptasi untuk persyaratan ketat seputar mobil seperti waktu maksimum sebuah sistem dapat melakukan booting sebelum kamera perlu diaktifkan.
Inilah inti dari hibernasi berbasis bootloader yang diusulkan dan patch kernel Linux awal yang dikirim:
Kasus penggunaan otomotif memerlukan KPI booting yang lebih baik, Oleh karena itu kami mengusulkan pemulihan hibernasi berbasis bootloader. Tujuan hibernasi berbasis bootloader adalah untuk meningkatkan waktu booting secara keseluruhan hingga bingkai tampilan pertama terlihat di layar atau aplikasi kamera dapat diluncurkan dari ruang pengguna setelah tombol power on reset ditekan. Patchset RFC ini mengimplementasikan versi hibernasi yang sedikit diubah di mana pemulihan snapshot lama ke DDR dilakukan dari bootloader (ABL) itu sendiri, dengan melakukan ini kami menghemat waktu (1 detik diukur pada msm-4.14 Kernel) dengan tidak menjalankan kernel sementara dan mencari tahu gambar hibernasi di late_init() Untuk mencapai pemeriksaan bootloader yang sama untuk gambar hibernasi pada tahap yang sangat awal dari partisi swap, itu mem-parsing gambar dan
memuatnya di DDR alih-alih memuat gambar boot dari partisi boot. Karena kami tidak menjalankan kernel sementara, yang akan melakukan beberapa pengaturan terkait ARM dasar seperti, pengaktifan MMU, pengaturan EL2, pengaturan CPU dll, titik masuk ke gambar snapshot hibernasi langsung dari bootloader berbeda, pada baris yang sama, semua driver perangkat adalah sekarang memprogram ulang register yang dipetakan IO sebagai bagian dari panggilan balik pemulihan (yang dipicu dari kerangka kerja hibernasi) untuk mengembalikan sinkronisasi HW/SW. Seri tambalan ini mengerjakan hibernasi berbasis boot-loader untuk Linux saat ini berjumlah lebih dari 200 baris kode kernel baru. Saat ini proposal ini sedang dalam “permintaan komentar” untuk melihat ke mana arahnya.

Itulah berita seputar Qualcomm Menjelajahi Hibernasi Berbasis Bootloader Untuk Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.