Raptor Lake P Mendarat di Mesa Untuk Driver Intels OpenGL/Vulkan Linux

Bersamaan dengan dukungan driver grafis kernel Raptor Lake P Linux yang seharusnya berjalan ke jalur utama untuk siklus v5.19, digabungkan ke Mesa 22.2 hari ini adalah bit Raptor Lake P untuk driver Intel OpenGL / Vulkan.
Dengan Mesa yang telah mendapatkan dukungan Raptor Lake S dan keduanya RPL-S / RPL-P hanyalah perpanjangan dari jalur kode driver yang ada untuk Alder Lake dan grafik kelas Gen12 lainnya, pengaktifan Mesa untuk Raptor Lake P minimal. Hanya ada enam ID PCI baru yang ditambahkan untuk Raptor Lake P (0xa720, 0xa721, 0xa7a0, 0xa7a1, 0xa7a8, dan 0xa7a9) dan kemudian informasi perangkat yang menunjukkan Raptor Lake P memiliki fitur Gen12/GFX12 dan kemampuan Display13.
Pengaktifannya minimal hanya dengan selusin baris kode baru untuk penambahan ID PCI/platform. Dengan demikian selain berada di Mesa 22.2-devel untuk rilis fitur kuartal berikutnya, patch ini juga ditandai untuk back-porting sehingga akan muncul di seri Mesa 22.1 yang keluar bulan depan dan seri stabil Mesa 22.0 saat ini.

Raptor Lake P akan menjadi “laptop berperforma tipis dan ringan” menggantikan Alder Lake P akhir tahun ini atau awal tahun depan. Dengan dukungan Mesa ini dan apa yang seharusnya ada di Linux 5.19, dukungan Raptor Lake P dari sisi grafis sumber terbuka dengan “ANV” Vulkan dan “Iris” Gallium3D tampak bagus untuk digunakan sementara kita akan melihat apakah ada grafis terkait Danau Raptor lainnya fitur diperkenalkan selama beberapa minggu/bulan ke depan. Ini bagus dan melanjutkan tradisi Intel untuk melihat dukungan grafis terintegrasi ini secara publik dan di jalur utama jauh sebelum peluncuran prosesor — pada gilirannya harus ditemukan out-of-the-box pada saat distribusi Linux musim gugur bergulir .

Itulah berita seputar Raptor Lake P Mendarat di Mesa Untuk Driver Intels OpenGL/Vulkan Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.