Red Hat Enterprise Linux 9 Akhirnya Hadir, Ini Yang Baru


Red Hat hari ini mengumumkan ketersediaan umum Red Hat Enterprise Linux 9 sebagai seri terbaru dan terhebat dari sistem operasi siap-perusahaan yang menghadirkan fitur-fitur terbaik, keamanan yang kuat, dan banyak peningkatan lainnya.

Setelah dikembangkan selama enam bulan terakhir , Red Hat Enterprise Linux 9 akhirnya ditenagai oleh seri kernel Linux 5.14 dan memperkenalkan metrik kinerja Konsol Web yang disempurnakan untuk mengidentifikasi berbagai ancaman yang dapat memengaruhi kinerja sistem Anda dengan lebih baik, kemampuan untuk mengekspor metrik ini ke alat analisis dan pelaporan populer seperti Grafana, serta patching langsung kernel melalui Konsol Web.

Rilis utama ini juga memperkenalkan kemampuan untuk membangun image Red Hat Enterprise Linux 9 dan Red Hat Enterprise Linux 8 melalui node build tunggal, dukungan yang lebih baik untuk sistem file yang disesuaikan, dan telanjang -penyebaran logam, dukungan Otentikasi Kartu Cerdas melalui Konsol Web, profil keamanan baru, dukungan untuk IMA (Integrity Mea surement Architecture) hash dan tanda tangan digital, detail login SSSD, integrasi OpenSSL 3, dan penonaktifan login kata sandi root SSH secara default untuk keamanan yang lebih baik.

Di antara perubahan penting lainnya, Red Hat Enterprise Linux 9 menambahkan dukungan awal untuk teknologi WireGuard VPN, sebuah MultiPath TCP daemon (mptcpd) untuk mengonfigurasi titik akhir MultiPath TCP (MPTCP) tanpa menggunakan iproute2, dukungan untuk perintah rhsm di penginstal Anaconda untuk mengaktifkan penyediaan mesin melalui instalasi Kickstart untuk Red Hat Satellite, peningkatan pengembangan wadah untuk pengembang yang ingin membangun aplikasi dengan image container UBI, pengaktifan cgroup2 secara default, dan alat Pod Manager terbaru dengan defaults.
baru“Dari cloud publik yang luas dan perangkat edge kecil hingga aplikasi container sederhana dan beban kerja kecerdasan buatan yang kompleks, TI modern dimulai dengan Linux,” kata Matthew Hicks, Wakil Presiden Eksekutif, Produk dan Teknologi, Red Hat.
Di bawah tenda, ada GCC 11.2, LLVM 12.0.1, Python 3.9, Rust 1.54, Go 1.16.6, GNU C Library 2.34, GNU Binutils 2.35, GDB 10.2, Node.js 16, Perl 5.3, Ruby 3.0, PHP 8.0, Git 2.31, Subversion 1.14, Apache 2.4 , nginx 1.20, OpenSSH 8.6p1, Valgrind 3.17, Varnish Cache 6.5, Squid 5.1, MariaDB 10.5, MySQL 8.0, PostgreSQL 13, Redis 6.2, elfutils 0.185, Maven 3.6, SystemTap 4.5, Dyninst 11.0.0, Ant 1.10, dan masih banyak lagi teknologi GNU/Linux yang hebat. Lihat catatan rilis lengkap untuk detail lebih lanjut.

Red Hat Enterprise Linux 9 tersedia untuk diunduh sekarang dari Portal Pelanggan Red Hat untuk semua pelanggan yang ada dengan langganan Red Hat Enterprise Linux aktif dan didukung pada Intel/AMD64 (x86_64), ARM 64-bit (AArch64), IBM Power PC 64-bit Little Endian (ppc64le), dan arsitektur perangkat keras sistem IBM Z (s390x). Rilis ini akan didukung selama 10 tahun ke depan dengan pembaruan keamanan dan perangkat lunak.

Kredit gambar: Red Hat (diedit oleh Marius Nestor)

Sumber: Google, 9to5linux.com