Red Hat Mengembangkan Utilitas Baru yang dijalankan oleh xwayland & tanpa kepala

Sebagai bagian dari rencana Red Hat untuk menghindari pengiriman Server X.Org di RHEL10, Olivier Fourdan dari tim grafis Red Hat mengumumkan pekerjaan mereka pada utilitas pembantu yang dijalankan xwayland bersama dengan utilitas yang dijalankan tanpa kepala dan dijalankan oleh xwfb.
Sebagai bagian dari pekerjaan Olivier Fourdan dalam membuat mode root XWayland berguna dan terinspirasi oleh skrip xvfb-run yang dimulai oleh Debian untuk menjalankan klien/perintah tertentu di Server X.Org virtual, ia mulai mengembangkan xwayland-run. Penggunaan xwayland-run dapat dilakukan untuk menjalankan XWayland secara root di dalam kompositor Wayland tanpa kepala sebagai pengganti penggunaan Xvfb yang sudah ada. Ini juga berfungsi sebagai utilitas yang nyaman untuk menjalankan klien X11 dalam instance root XWayland miliknya sendiri.
Dia menyimpulkan utilitas baru ini sebagai:
* xwayland-run, untuk menelurkan klien X11 dalam instance akar Xwayland khusus miliknya,
* wlheadless-run untuk menjalankan klien Wayland pada sekumpulan kompositor headless Wayland yang didukung,
* xwfb-run, kombinasi dari dua alat lain di atas untuk digunakan sebagai pengganti langsung xvfb-run secara khusus. Sejauh ini xwayland-run / wlheadless-run / xwfb-run mendukung Weston, Cage, GNOME Mutter, dan GNOME -Kompositor Kios tetapi terbuka untuk mendukung kompositor tambahan.
Olivier Fourdan di Red Hat baru-baru ini berupaya meningkatkan pengalaman rooting XWayland dan pada gilirannya mulai meretas utilitas Python baru yang dijalankan oleh xwayland ini. Keluarga utilitas baru yang dijalankan xwayland ini diumumkan pagi ini di milis Wayland.

Itulah berita seputar Red Hat Mengembangkan Utilitas Baru yang dijalankan oleh xwayland & tanpa kepala, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.