Rescuezilla 2.4 Swiss Army Knife of System Recovery Tiba Berdasarkan Ubuntu 22.04 LTS

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pengelola
Rescuezilla Shasheen Ediriweera hari ini merilis Rescuezilla 2.4 sebagai versi stabil terbaru dari distribusi “Swiss Army Knife of System Recovery” berbasis Ubuntu ini yang menggunakan perangkat lunak pencitraan/kloning disk open-source Clonezilla yang populer.

Rescuezilla 2.4 hadir lebih dari tujuh bulan setelahnya Rescuezilla 2.3 dan memiliki basis baru yang berasal dari seri sistem operasi Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) untuk memberikan dukungan perangkat keras terbaik kepada pengguna. Rilis sebelumnya berbasis Ubuntu 21.10 (Impish Indri), yang mencapai akhir masa pakainya pada Juli 2022.

Selain berbasis Ubuntu 22.04 LTS, Rescuezilla 2.4 juga hadir dengan beberapa fitur baru, termasuk kemampuan untuk mengompresi gambar menggunakan bzip2 algoritma dan kemampuan untuk mengatur port SSH kustom.

Rilis ini dikirimkan dengan versi terbaru dari partclone open-source partisi clone dan restore tool, versi 0.3.20, yang dibangun dari sumber bukan hanya menggunakan paket Ubuntu untuk memperbaiki kesalahan “fitur tidak didukung” untuk pengguna sistem file Btrfs terkompresi, seperti Fedora Linux 33 Workstation dan yang lebih baru.

Paket partclone 0.2.43 yang lama telah dihapus dari rilis ini untuk memaksimalkan kompatibilitas lama dengan cadangan Redo Backup dan perangkat lunak pemulihan bencana.

Di atas bahwa, Rescuezilla 2.4 memindahkan tindakan pasca-penyelesaian ke halaman yang sedang berlangsung, menambahkan paket DEB untuk browser web Mozilla Firefox dari repositori PPA Tim Mozilla mencoba menggunakan paket Snap Ubuntu, yang tidak kompatibel dengan skrip build Rescuezilla, dan meningkatkan penanganan reboot pada sistem EFI.

Tentu saja, beberapa terjemahan bahasa telah diperbarui, termasuk bahasa Arab, Catalan, Ceko, Hungaria, dan Slovakia. Untuk detail lebih lanjut tentang rilis ini, lihat changelog di halaman GitHub proyek, tempat Anda juga dapat mengunduh image ISO langsung.

Rescuezilla 2.4 sepenuhnya kompatibel dengan alat Clonezilla standar industri dan berfungsi dengan gambar yang dibuat oleh Clonezilla, Rescuezilla, Redo Rescue, Redo Backup and Recovery, Foxclone, FOG Project, FSArchiver, Apart GTK, dan setiap format gambar mesin virtual yang didukung oleh qemu-nbd utility.

Sumber: Google, 9to5linux.com