Rilis OS Raspberry Pi Terbaru Menambahkan Opsi Baru ke Alat Konfigurasinya, Banyak Perbaikan Bug


The Raspberry Pi Foundation hari ini merilis versi baru dari distribusi resmi mereka Raspberry Pi OS berbasis Debian untuk komputer single-board Raspberry Pi kecil, rilis yang dilengkapi dengan berbagai peningkatan dan perbaikan bug.

Rilis Raspberry Pi OS baru (tanggal 2022- 01-28) ada di sini sekitar tiga bulan setelah pembaruan sebelumnya, yang mengubah distribusi pada seri sistem operasi Debian GNU/Linux 11 “Bullseye” untuk menambahkan berbagai peningkatan pada aplikasi raspi-config yang memungkinkan Anda mengonfigurasi pengaturan sistem Raspberry Pi.

Baik alat baris perintah raspi-config dan antarmuka pengguna grafis rc_gui GTK-nya menerima peningkatan. Misalnya, rc_gui tidak lagi dikirimkan dengan sakelar antarmuka kamera dan menampilkan kotak kombo untuk memungkinkan pengguna mengatur resolusi untuk koneksi VNC (Virtual Network Computing). Selain itu, Mutter sekarang dinonaktifkan secara otomatis ketika server VNC berjalan dan sistem kembali ke Openbox.

Di sisi lain, raspi-config menerima beberapa opsi yang memungkinkan pengguna untuk beralih video komposit, beralih ke mode kamera lama (ini baru rilis membawa kembali aplikasi dan pustaka kamera lawas), serta menyetel resolusi untuk koneksi tanpa kepala.

Lingkungan desktop PIXEL berbasis LXDE OS Raspberry Pi juga menerima beberapa peningkatan dalam rilis baru. Misalnya, komponen LXPanel tidak lagi menyediakan pengaturan tampilan dalam dialog Preferensi, melainkan opsi menu baru telah ditambahkan untuk memungkinkan pengguna membuka aplikasi Pengaturan Penampilan.

Selanjutnya, LXPanel sekarang menampilkan elips pada item menu yang membuka dialog, membaca akselerasi mouse saat ini langsung dari xinput, menggunakan ID perangkat alih-alih nama untuk mengatasi perubahan perangkat saat sistem dimatikan, dan dilengkapi dengan file konfigurasi Openbox yang ditingkatkan untuk manajemen jendela yang lebih baik.

Faktanya, LXPanel menerima beberapa perbaikan bug untuk mengatasi berbagai masalah yang terkait dengan plugin tidak memuat, file konfigurasi lxsession tidak ditulis pada upaya pertama, penggeser melambat, penulisan nilai ke gsettings, xsettings, dan xinput, serta kegagalan untuk mengurai dan menulis format numerik non-Inggris.

Juga ditingkatkan dalam rilis ini adalah ARandR antarmuka grafis untuk utilitas baris perintah xrandr untuk mengubah resolusi layar, yang sekarang kompatibel dengan ne w driver layar sentuh ditambahkan di Raspberry Pi OS. Selain itu, ARandR sekarang menerapkan pengaturan dengan benar ke DSI dan tampilan komposit, menawarkan pengaturan untuk orientasi kiri dan kanan layar, dan menghitung kecepatan refresh hingga 3 tempat desimal untuk monitor yang membutuhkannya.

Di antara perubahan penting lainnya, rilis backport Raspberry Pi OS baru fitur baru untuk utilitas xrdp dari seri sistem operasi Debian GNU/Linux 12 “Bookworm” yang akan datang untuk memulihkan bingkai jendela dengan koneksi Mutter melalui xrdp, menambahkan beberapa alat baru ke gambar Lite (MKVToolNix, udisks2, 7z dan zip), dan menambahkan Gantungan Kunci GNOME ke Desktop image.

Terakhir, aplikasi PiPanel yang digunakan untuk mengonfigurasi antarmuka pengguna Desktop LX sekarang memiliki opsi baris perintah untuk dibuka di tab arbitrer. Di bawah tenda, rilis Raspberry Pi OS yang baru didukung oleh kernel Linux 5.10.92 jangka panjang yang didukung.
Download Raspberry Pi OS 2022-01-28

Sumber: Google, 9to5linux.com