Rust-Written Apple DRM Linux Kernel Driver Renders First Cube

  • Post author:
  • Post category:Linux

Driver Direct Rendering Manager (DRM) tahap awal yang ditulis dalam bahasa pemrograman Rust untuk mendukung prosesor grafis Apple M1/M2 mencapai tonggak sejarah kemampuan untuk membuat kubus.
Pengembang Asahi Linux Asahi Lina yang telah berfokus pada pembuatan driver kernel DRM Apple AGX mengumumkan pada Jumat malam bahwa tonggak pencapaian telah dicapai karena mampu membuat kubus berputar dengan kode ruang pengguna yang sesuai. Meskipun driver ini masih dalam tahap awal dan diketahui bahwa output HDMI bahkan tidak berfungsi saat ini.
Asahi Lina sebelumnya menampilkan segitiga pertama yang dirender pada M1 dengan driver open-source yang dirender dari dalam lingkungan berbasis m1n1 sementara sekarang telah berkembang menuju tumpukan driver Linux yang berfungsi. Driver kernel DRM ini juga diatur untuk menjadi driver kernel GPU pertama yang ditulis dalam Rust dan bergantung pada infrastruktur kernel Rust Linux yang belum digabungkan, yang diharapkan akan mendarat di Linux 6.1 tetapi kemungkinan masih ada beberapa jalan keluar sebelumnya driver DRM ini akan dalam keadaan untuk mainlining.
Sementara yang terjadi di ruang pengguna adalah driver Mesa Gallium3D AGX bekerja untuk grafis Apple M1/M2 untuk memiliki dukungan OpenGL. Di sana harapannya mungkin memiliki dukungan OpenGL 2.1 pada akhir 2022. Jelas itu akan lebih lama sebelum melihat OpenGL 3.x/4.x dan driver Vulkan apa pun untuk grafis Apple SoC. Pada dasarnya, ini masih jauh di depan di sisi grafis sementara setidaknya Asahi Linux pada perangkat keras Apple Silicon cukup dapat digunakan jika tidak memerlukan grafis yang dipercepat.
Bagaimanapun, tonggak yang dicapai akhir pekan ini untuk upaya driver kernel adalah kubus berputar seperti yang dibagikan di Twitter Asahi Lina:
Asahi Lina memamerkan kubus pemintalan pertama yang berjalan di atas driver kernel DRM yang sedang dikerjakan untuk Apple M1/M2.

Bagi mereka yang ingin bernostalgia, pada tahun 2008 adalah tonggak besar segitiga render open-source dengan GPU ATI RV770 .

Itulah berita seputar Rust-Written Apple DRM Linux Kernel Driver Renders First Cube, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.