Rusticl Dapat Berjalan Di Atas Zink Gallium3D Di Atas Intels ANV Vulkan Driver

  • Post author:
  • Post category:Linux

Karol Herbst dari Red Hat telah berhasil menjalankan implementasi OpenCL berbasis Rust “Rusticl” di atas driver Zink Gallium3D yang pada gilirannya berjalan di atas driver Vulkan.
Singkat cerita, Rusticl-on-Zink memungkinkan implementasi OpenCL ini berjalan di atas driver Vulkan daripada harus berjalan di driver perangkat keras Gallium3D. Zink berfokus pada penerapan OpenGL-on-Vulkan tetapi dengan Zink menjadi driver Gallium3D itu sendiri, Karol Herbst memanfaatkan Zink untuk akhirnya mendapatkan implementasi OpenCL ini di Vulkan. Ini bukan pertama kalinya sebuah proyek bekerja untuk mengimplementasikan OpenCL melalui Vulkan tetapi pertama kali dilakukan dalam konteks Mesa.
BOOM pic.twitter.com/iOTLXpvgwm

— karolherbst🦀🐧 (@karolherbst) 6 Oktober 2022Karol Herbst dari XDC 2022 minggu ini men-tweet tonggak sejarah Rusticl di Zink di atas driver Intel “ANV” Vulkan. Zink sudah dapat berjalan pada driver Gallium3D “Iris” Intel sehingga akan menarik untuk melihat bagaimana kinerja Rusticl-Zink dibandingkan.

Ini terbukti berguna untuk kasus seperti driver Imagination PowerVR Rogue Vulkan dalam Mesa yang telah berfokus hanya pada Vulkan karena mengetahui bahwa Zink layak untuk menyediakan OpenGL. Dalam situasi seperti ini mereka mungkin juga bisa mendapatkan OpenCL secara “gratis” berkat Zink.
Minggu ini di XDC 2022, Karol mempresentasikan kemajuan Rusticl bersama dengan kemungkinan item TODO di masa mendatang, termasuk kemungkinan dukungan Khronos SYCL.

Itulah berita seputar Rusticl Dapat Berjalan Di Atas Zink Gallium3D Di Atas Intels ANV Vulkan Driver, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.