Salix 15.0 Berbasis Slackware Dirilis dengan Dukungan Flatpak, Xfce 4.16, Tampilan Baru, dan Lainnya

  • Post author:
  • Post category:Linux


Salix 15.0 telah dirilis hari ini lebih dari enam tahun setelah versi sebelumnya sebagai rilis stabil terbaru dari distribusi Linux berbasis Slackware ini untuk Slacker yang malas.

Salix adalah salah satu distribusi GNU/Linux tertua berdasarkan Slackware, dan rilis baru, Salix 15.0, tidak mengecewakan penggemar. Muncul dengan lingkungan desktop Xfce 4.16 terbaru dan terhebat yang telah menerima lapisan cat baru dengan tema GTK, WM, dan ikon default baru, wallpaper default baru, dan mode gelap.

Rilis ini menggunakan mode terang secara default, tetapi jika Anda ingin pergi ke sisi gelap, sekarang Anda dapat dengan mudah beralih ke versi gelap Salix dari panel Appearance. Perubahan besar lainnya adalah Salix sekarang menggunakan Whiskermenu sebagai peluncur aplikasi default kami untuk Xfce.
“Ada diskusi ekstensif di forum kami sehubungan dengan bagaimana rilis baru akan terlihat dan semuanya telah dirubah, termasuk tema GTK baru, tema baru ikon tema, tema pengelola jendela baru, dan wallpaper default, yang dirancang khusus untuk Salix 15.0,” kata developers.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Salix 15.0 hadir lebih dari enam tahun setelah Salix 14.2 (rilis stabil sebelumnya diumumkan pada Agustus 2016). Pengembang menjelaskan bahwa salah satu alasan mengapa rilis ini memakan waktu lama adalah karena mereka membangun ribuan paket untuk repositori perangkat lunak mereka, yang dapat dengan mudah diinstal dengan manajer paket Gslapt.

Selain itu, Salix 15.0 adalah rilis pertama untuk menawarkan dukungan out-of-the-box untuk aplikasi Flatpak. Dukungan Flathub telah dikonfigurasikan sebelumnya dan diintegrasikan ke dalam desktop sehingga Anda dapat dengan mudah menginstal aplikasi Flatpak favorit Anda hanya dengan beberapa klik.

Di balik layar, rilis ini didasarkan pada Slackware 15.0, yang berarti didukung oleh dukungan jangka panjang Kernel Linux 5.15 LTS, yang menampilkan dukungan out-of-the-box untuk drive berformat NTFS tanpa bergantung pada driver pihak ketiga. Sama seperti Slackware, Salix mengadopsi PAM (Pluggable Authentication Modules), dan update ke GCC 11 dan GNU C Library 2.33.

Installer tidak berubah karena Anda akan mendapatkan pengalaman instalasi berbasis teks yang sama seperti yang ditawarkan Slackware, tetapi telah diterjemahkan ke dalam beberapa versi baru. bahasa untuk membawa Salix ke khalayak yang lebih luas. Seperti biasa, lingkungan pengembangan lengkap disediakan dengan instalasi Salix default.

Anda dapat mengunduh Salix 15.0 sekarang juga dari pengumuman rilis resmi untuk sistem 64-bit dan 32-bit. Sayangnya, hanya gambar instalasi yang tersedia saat ini dan tidak ada kabar apakah ISO langsung akan dirilis dalam waktu dekat. Karena itu, lihat video instalasi Salix kami di bawah ini untuk memulai!
Download Salix 15.0 (64-bit)Download Salix 15.0 (32-bit)

Sumber: Google, 9to5linux.com