Scribus 1.5.8 Aplikasi Penerbitan Desktop yang Kuat Membawa Lebih Banyak Peningkatan, Porting Qt 6 Dimulai


Scribus, perangkat lunak penerbitan desktop open-source dan lintas platform telah diperbarui hari ini ke versi 1.5.8, rilis yang berfokus pada perbaikan bug dan pengoptimalan kode.

Scribus adalah program hebat yang menghadirkan tata letak halaman profesional ke Linux, mendukung fitur penerbitan profesional seperti pemisahan warna, manajemen warna ICC, pembuatan PDF serbaguna, serta CMYK dan warna spot.

Rilis baru, Scribus 1.5.8, ada di sini dengan fokus pada sebagian besar memperbaiki masalah buruk yang ada di rilis sebelumnya dan pengoptimalan kode yang mengarah pada peningkatan keandalan dan kecepatan perangkat lunak.

Sorotan mencakup peningkatan impor file untuk format file IDML, PDF, PNG, TIFF, dan SVG, peningkatan fitur ekspor PDF, peningkatan Story Editor, penambahan format A5, A3, dan A6 ke ukuran halaman default , serta berbagai peningkatan untuk gaya tabel, batalkan dan ulangi, dll.

Selain itu, antarmuka pengguna grafis Scribus menerima beberapa peningkatan untuk gaya mode gelap, jadi pembaruan ikon saya, dan interaktivitas jendela yang ditingkatkan. Selain itu, sistem build telah ditingkatkan dalam rilis ini untuk pengemasan dan distribusi perangkat lunak yang lebih baik, dan dokumentasi dan terjemahan bahasa diperbarui.

Dan kemudian ada perbaikan bug yang biasa, karena Scribus 1.5.8 menangani kerusakan yang terjadi pada pengguna tertentu file saat memilih bingkai teks yang menyertakan gradien, kemampuan untuk mengelola warna dan isian atau untuk memilih kumpulan warna, kerusakan yang terjadi saat startup, serta masalah penggunaan RAM dengan dialog Pengaturan Dokumen.

Jika Anda mencari perangkat lunak tata letak halaman dan desktop publishing (DTP) tingkat profesional, Anda dapat mengunduh Scribus 1.5.8 sekarang juga dari situs web resmi atau sebagai Flatpak dari Flathub.

Sementara itu, tim pengembangan bekerja keras untuk mem-port Scribus ke Qt terbaru dan terbaik 6 kerangka kerja aplikasi, yang menurut mereka akan membuat pekerjaan mereka lebih mudah untuk rilis mendatang. Kemungkinan besar, Scribus 1.6 akan menjadi rilis pertama perangkat lunak yang di-porting ke Qt 6.

Sumber: Google, 9to5linux.com