SDL 3.0 Menghentikan Jalur Render OpenGL ES 1.0

  • Post author:
  • Post category:Linux

Dengan SDL 3.0 dalam pengembangan dan mengambil fokus yang lebih modern dan menghilangkan berbagai potongan kode lama, salah satu potongan kode terbaru yang dihentikan adalah jalur render 2D OpenGL ES 1.0.
OpenGL ES 1.0 sekarang berusia hampir dua dekade dan didasarkan pada spesifikasi OpenGL 1.3 asli. OpenGL ES 1.0 hampir tidak relevan hari ini dengan OpenGL ES 2.0 telah keluar sejak 2007 dan jauh lebih umum di ruang tersemat dan di tempat lain. Dengan SDL 3.0 mencoba untuk fokus pada teknologi modern untuk lapisan abstraksi perangkat lunak/perangkat keras game lintas platform ini, sudah pasti sudah lewat waktu untuk menghentikan dukungan GLES 1.0.

Dengan komit menghapus jalur render 2D OpenGL ES 1.0 minggu ini, tercatat:
“Di SDL3 kami berencana untuk lebih banyak menggunakan shader dalam 2D ​​render API, dan ini meminimalkan jumlah platform yang harus kami pertimbangkan untuk fitur baru. OpenGL ES 2.0 atau yang lebih baru didukung di semua perangkat iOS dan Android modern.” 1k+ baris kode dihapus di atas puluhan ribu baris kode lama lainnya yang telah dihapus selama tahap awal pengembangan SDL 3.0 ini.

Itulah berita seputar SDL 3.0 Menghentikan Jalur Render OpenGL ES 1.0, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.