SDL2 Mengembalikan Preferensi Wayland – Kembali Ke Default X11

Kembali pada bulan Januari adalah perubahan yang didorong ke SDL2 Git di mana perpustakaan lebih memilih Wayland secara default jika tersedia daripada default untuk menggunakan dukungan X11. Namun, didorong hari ini ke SDL2 adalah pengembalian dari perubahan sebelumnya karena masalah Wayland sehingga pengembang lebih nyaman menempel pada X11/XWayland secara default sampai berbagai masalah Wayland diatasi. Sam Lantinga beberapa menit yang lalu mengembalikan perubahan Januari yang lebih memilih Wayland daripada X11. Preferensi default Wayland berhasil masuk ke 2.0.22-RC1 minggu lalu tetapi setelah pengujian lebih lanjut, dukungan Wayland untuk perpustakaan yang banyak digunakan oleh game multi-platform ini belum cukup baik. Dengan demikian, para gamer Linux yang menjalankan compositors Wayland akan menemukan bahwa secara default game yang menggunakan SDL2 akan tetap menggunakan jalur X11/XWayland. Atau pengguna akhir juga dapat mengekspresikan minat Wayland mereka jika diinginkan melalui variabel lingkungan SDL_VIDEODRIVER=wayland. Lantinga berkomentar dengan revert, “Dukungan SDL Wayland stabil, tetapi ada sejumlah masalah dengan perangkat lunak pihak ketiga (driver NVIDIA, libwayland event overflow, libdecor tidak menangani kegagalan pemuatan plugin, Steam overlay tidak berfungsi dengan Wayland, dll.) yang membuatnya lebih baik untuk default ke X11 saat ini.”

Tidak ada kata kapan mereka akan mengevaluasi kembali keputusan default tetapi kemungkinan akan membutuhkan waktu sebelum berbagai masalah tersebut diselesaikan dan ditemukan di seluruh distribusi Linux terkemuka. Sam mencatat bahwa game yang lebih memilih Wayland dapat menggunakan SDL API untuk menunjukkan preferensi masing-masing: “Game yang ingin lebih memilih wayland bila tersedia dapat menggunakan kode berikut sebelum SDL_Init(): SDL_SetHint(SDL_HINT_VIDEODRIVER, “wayland,x11”); “

Itulah berita seputar SDL2 Mengembalikan Preferensi Wayland – Kembali Ke Default X11, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.