SDL3 Mulai Membuang Banyak Kode Lama: GLES1, OS/2, DirectFB, WinRT, NaCl & Lainnya

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sedikit lebih dari 24 jam yang lalu SDL 2.26 dirilis untuk perpustakaan yang banyak digunakan ini oleh game lintas platform dan perangkat lunak lain untuk mengabstraksi antarmuka perangkat lunak/perangkat keras. Dengan dirilisnya SDL 2.26, SDL 3.0 sekarang dalam pengembangan. Salah satu tahap pertama dari pembaruan besar Simple DirectMedia Layer adalah menghapus banyak kode platform lama dan target usang lainnya.
Dengan SDL3 yang dapat memecahkan API/ABI dan ini menjadi pembaruan besar, pengembang SDL menghapus banyak kode usang/tidak terpelihara dari pustaka ini sebagai salah satu langkah pertama mereka menuju siklus baru. Selain menghapus banyak kode lama, SDL 3.0 juga diharapkan membuat beberapa perubahan modernisasi seperti rilis yang lebih memilih Wayland daripada Server X.Org secara default, semoga PipeWire secara default, dan peningkatan lainnya.
Pada hari SDL3 telah hidup di basis kode Git arus utama, banyak kode lama telah dihapus. Beberapa sorotan sejauh ini untuk hari pertama pengembangan SDL3:
– Dukungan Microsoft WinRT (Windows Runtime / UWP) telah dihapus.
– Dukungan Google Native Client “NaCL” telah dihapus.
– Dukungan OpenGL ES 1.x dihapus. Dukungan OpenGL ES 2.x tetap ada.
– Beberapa sisa lama dari server tampilan Mir Ubuntu dari era pre-Wayland-compositor telah dihapus sekarang karena kompatibilitas API/ABI untuk SDL 2.1 tidak perlu dipertahankan.
– Kode pengujian VisualC Visualtest telah dihapus, itu saja membebaskan 12k baris dalam basis kode.
– Dukungan DirectFB telah dihapus.
– Dukungan BlackBerry QNX telah dihapus.
– Dukungan OS/2 telah dihapus.
– Dukungan Pandora/OpenPandora telah dihapus.
– Bagian belakang audio JACK telah dihapus, hanya untuk dikembalikan nanti. Sndio back-end melihat nasib yang sama dengan dijatuhkan kemarin hanya untuk ditambahkan kembali beberapa saat kemudian. Kami akan melihat apakah mereka dihapus lagi atau dipertahankan untuk SDL 3.0.

Sejak rilis SDL 2.26, telah ada lebih dari 51 ribu baris kode yang dihapus dengan pembersihan musim dingin yang bagus untuk SDL3 ini. Cari lebih banyak lagi di bagian depan SDL 3.0 selama beberapa minggu dan bulan ke depan.

Itulah berita seputar SDL3 Mulai Membuang Banyak Kode Lama: GLES1, OS/2, DirectFB, WinRT, NaCl & Lainnya, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.