Sekarang Anda Bisa Upgrade Ubuntu 21.10 ke Ubuntu 22.04 LTS, Begini Caranya


Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) keluar hari ini dan pengguna Ubuntu 21.10 mungkin ingin meningkatkan instalasi mereka, dan, untuk itu, berikut adalah tutorial langkah demi langkah dengan screenshots.

Dubbed Jammy Jellyfish, Ubuntu 22.04 LTS tidak hanya panjang -rilis dukungan jangka panjang, tetapi juga memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru, seperti kernel Linux 5.15 LTS dengan dukungan perangkat keras yang lebih baik, implementasi sistem file baca/tulis NTFS baru, dan kelebihan lainnya, lingkungan desktop GNOME 42 terbaru, serta karena beberapa teknologi GNU/Linux terbaru.

Ubuntu 21.10 (Impish Indri) dirilis pada 14 Oktober 2021, dan didukung hanya sembilan bulan, hingga 14 Juli 2022. Karena itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan ke Ubuntu 22.04 LTS sesegera mungkin, dan jalur pemutakhiran sekarang akhirnya terbuka untuk semua pengguna.

Tapi, sebelum memutakhirkan instalasi Ubuntu 21.10 Anda, Anda perlu memastikan bahwa sistem Anda mutakhir dan Anda memiliki cadangan terbaru pada drive eksternal atau media file terpenting Anda jika terjadi kesalahan selama proses peningkatan, meskipun seharusnya tidak.

Ketika sistem Ubuntu 21.10 Anda mutakhir, Anda dapat memulai proses peningkatan dengan menjalankan manajer pembaruan – perintah c di aplikasi Terminal. Anda akan melihat pemberitahuan bahwa Ubuntu 22.04 LTS sekarang tersedia jadi klik tombol “Upgrade” pada dialog itu.

Anda kemudian akan diminta oleh dialog yang lebih besar dengan informasi lebih lanjut tentang rilis Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) dan Anda harus klik tombol “Upgrade” lainnya untuk benar-benar memulai proses upgrade, yang akan memakan waktu hingga satu jam atau lebih, tergantung pada bandwidth Internet dan spesifikasi komputer Anda.

Ikuti saja petunjuk di layar sampai proses upgrade selesai. Ketika proses upgrade selesai, Anda akan diminta untuk me-restart komputer Anda, tetapi jangan lupa untuk menyimpan pekerjaan Anda sebelum melakukannya.

Itu dia! Anda sekarang menjalankan Ubuntu 22.04 LTS, jadi nikmati fitur-fitur barunya!

Sumber: Google, 9to5linux.com