Sekarang Anda Dapat Menginstal Kernel Linux 5.19 di Ubuntu dan Distribusi Berbasis Ubuntu

  • Post author:
  • Post category:Linux


Linux kernel 5.19 sudah keluar dan pengguna Ubuntu sekarang dapat menginstalnya jika mereka ingin menikmati beberapa fitur baru atau dukungan perangkat keras yang ditingkatkan. Kernel

Linux 5.19 dikemas penuh dengan barang untuk pengguna GNU/Linux, menambahkan dukungan untuk fitur Secure Nested Paging AMD , dukungan untuk file firmware terkompresi ZSTD, dukungan awal untuk arsitektur CPU RISC ISA Loongson “LoongArch”, dukungan untuk ARM Scalable Matrix Extension (SME), serta fitur keamanan baru dan yang ditingkatkan untuk melindungi Anda dari ancaman terbaru, dan pembaruan driver untuk dukungan perangkat keras terbaik.

Jika Anda menggunakan Ubuntu atau distribusi berbasis Ubuntu, Anda sekarang dapat menginstal kernel Linux 5.19 di komputer Anda jika Anda memerlukan beberapa fitur baru atau karena perangkat keras Anda tidak sepenuhnya didukung secara default Kernel Linux di PC Ubuntu Anda. Namun, jika semuanya berjalan dengan baik, Anda harus tetap menggunakan kernel.

default Apapun masalahnya, menginstal kernel Linux 5.19 di Ubuntu atau distribusi berbasis Ubuntu cukup mudah dengan alat Mainline, yang dapat Anda instal dari cappelikan PPA dengan menjalankan perintah di bawah ini di aplikasi Terminal. Tetapi pertama-tama, pastikan sistem Anda mutakhir dan Anda memiliki cadangan terbaru!
sudo add-apt-repository ppa:cappelikan/ppa
sudo apt update
sudo apt -y install mainline
Setelah Mainline diinstal, Anda akan menemukannya di menu aplikasi. Buka dan instal kernel Linux 5.19 dengan memilihnya dari daftar (ada di paling atas) dan klik tombol “Instal” di sisi kanan jendela. Tunggu penginstalan selesai, tutup jendela saat diminta dan reboot komputer Anda.

Itu saja, Anda sekarang menjalankan kernel Linux 5.19 di PC Ubuntu Anda. Setiap kali rilis titik Linux 5.19 baru tersedia (mis. 5.19.1, 5.19.2, dll.), Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari alat Mainline untuk memperbarui instalasi Anda.

Jika terjadi kesalahan atau Anda tidak ingin lagi menggunakan yang lebih baru kernel, Anda selalu dapat mem-boot instalasi Ubuntu Anda dengan kernel standar dengan menekan tombol Esc berulang kali ketika sistem Anda mulai boot untuk mengakses menu boot dan memilih kernel default. Atau Anda dapat menghapus kernel yang lebih baru menggunakan alat Mainline.

Sumber: Google, 9to5linux.com