Sepertinya Ubuntu 22.04 LTS Akan Didukung oleh Linux 5.15 LTS, Dikirim dengan GNOME 42


Canonical baru-baru ini membagikan beberapa detail tentang rencana mereka untuk seri sistem operasi Ubuntu 22.04 LTS yang akan datang mengenai tumpukan kernel GNOME dan Linux. akan menjadi seri yang didukung jangka panjang (LTS) Canonical berikutnya, yang akan menerima pembaruan perangkat lunak dan keamanan setidaknya selama 5 tahun.

Menjadi seri LTS, Ubuntu 22.04 akan menjadi rilis yang lebih konservatif, seperti semua rilis LTS Ubuntu sebelumnya, yang berarti bahwa itu tidak akan dikirimkan dengan teknologi mutakhir, tetapi tetap berpegang pada yang teruji dengan baik sebagai gantinya.

Seperti yang Anda ketahui, lingkungan desktop Ubuntu didasarkan pada tumpukan GNOME hulu, yang akan menerima pembaruan besar musim semi ini, ke versi 42, rilis yang memperkenalkan banyak port ke kerangka kerja aplikasi GTK4 terbaru dan terhebat, serta preferensi gaya gelap baru untuk semua aplikasi GNOME, melalui libadwaita.

karyawan Canonical Sebastien B acher mengungkapkan fakta bahwa desktop Ubuntu 22.04 LTS akan didasarkan pada tumpukan GNOME 42, yang merupakan kabar baik bagi pengguna Ubuntu, tetapi, sayangnya, itu tidak akan dikirimkan dengan aplikasi GTK4.

Ubuntu 22.04 LTS kemungkinan besar akan menggunakan aplikasi GNOME 41, seperti pendahulunya, Ubuntu 21.10 (Impish Indri).

Di bagian depan kernel Linux, Sebastien Bacher mengatakan bahwa Ubuntu 22.04 LTS akan tetap menggunakan seri kernel Linux 5.15 LTS secara default, yang akan didukung setidaknya hingga Oktober 2023, ketika Canonical akan rilis Ubuntu 23.10, yang juga merupakan kabar baik untuk sistem operasi LTS.

Namun, pengembang juga membagikan beberapa kabar baik untuk pendarahan tepi, mengungkapkan fakta bahwa kernel OEM dan HWE (Hardware Enablement) mungkin akan ditingkatkan ke kernel Linux 5.17 di beberapa titik selama siklus hidup Ubuntu 22.04.
“Di bagian depan aplikasi kami akan lebih konservatif, menghindari GTK4, setidaknya untuk perangkat lunak yang kami instal secara default,” kata Sebastien Bacher, Pimpinan Teknis di Ca nonik. “Rencananya adalah menggunakan [Linux] 5.15 untuk [Ubuntu 22.04] LTS tetapi varian OEM dan HWE akan mendapatkan [Linux] 5.17 sebagai titik tertentu.”
Saya tahu beberapa dari Anda memiliki harapan besar untuk Ubuntu 22.04 LTS untuk dikirimkan dengan Linux kernel 5.16 karena menyertakan driver baru untuk perangkat keras Anda, jadi Anda mungkin harus menunggu sampai rilis titik Ubuntu 22.04.1 LTS melihat cahaya hari untuk mendapatkan kernel yang lebih baru, yang dari rilis Ubuntu 22.10 pada akhir Oktober 2022.

Di sisi lain, Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) menjanjikan peningkatan kinerja untuk pengguna Raspberry Pi 4, mengimplementasikan fitur seperti zswap, lz4, dan z3fold, yang seharusnya memberikan pengalaman Desktop Ubuntu yang lebih lancar pada model Raspberry Pi 4 dengan RAM 2GB .

Sumber: Google, 9to5linux.com