Slackware 15.0 Resmi Dirilis, Didukung oleh Kernel Linux 5.15 LTS

  • Post author:
  • Post category:Linux


Proyek Slackware Linux dirilis hari ini Slackware 15.0 setelah enam tahun pengembangan, membawa Anda sistem operasi yang lebih modern dan segar dengan beberapa teknologi GNU/Linux terbaru dan terhebat.

Didukung oleh seri kernel Linux 5.15 terbaru yang didukung jangka panjang (LTS) , Slackware 15.0 akhirnya mengadopsi Pluggable Authentication Modules (PAM) untuk kata sandi bayangan murni, beralih ke elogind sebagai login pengguna default dan pengelola kursi alih-alih ConsoleKit2, mengadopsi kerangka kerja multimedia tingkat rendah PipeWire, menambahkan dukungan Wayland, dan menambahkan dukungan untuk Rust dan bahasa Python 3.

Di bagian depan perangkat lunak, Slackware 15.0 dikirimkan dengan lingkungan desktop Xfce 4.16 dan KDE Plasma 5.23, menambahkan server IMAP dan POP3 Dovecot untuk menggantikan imapd dan ipop3d lama, menghentikan dukungan untuk Qt4 karena Qt5 sekarang menjadi norma, dan memperkenalkan skrip baru untuk membantu Anda dengan mudah membangun kembali penginstal dan membangun paket kernel untuk kebutuhan Anda.

Perubahan menarik dalam rilis ini adalah Skrip “make_world.sh” yang memungkinkan pembangunan kembali otomatis seluruh sistem operasi dari sumber. Selain itu, utilitas manajemen paket pkgtools Slackware menerima banyak peningkatan dan fungsionalitas baru, seperti penguncian file untuk mencegah konflik antara pemasangan atau peningkatan paralel dan kemampuan untuk membatasi jumlah data yang ditulis ke penyimpanan untuk menghindari penulisan tambahan pada perangkat SSD.
“Ada sudah terlalu banyak perubahan bahkan untuk mulai menutupinya di sini, tetapi untuk basis pengguna kami yang berdedikasi cukup untuk mengatakan bahwa Anda akan menemukan hal-hal modern tetapi juga akrab, ”kata tim. “Tantangan kali ini adalah mengadopsi sebanyak mungkin hal-hal bagus di luar sana tanpa mengubah karakter sistem operasi. Tetap familier, tetapi buat modern.”
Jika Anda ingin mencoba Slackware, Anda dapat mengunduh gambar ISO langsung Slackware 15.0 sekarang dari situs resminya. Sementara itu, periksa daftar paket lengkap dan catatan rilis jika Anda ingin tahu apa yang sebenarnya ada di rilis utama ini.

Kisah pengembangan…

Sumber: Google, 9to5linux.com