Solusi Linux Hadir Untuk Resume s2idle yang Lebih Baik Di Lebih Banyak Laptop AMD Lenovo

Seiring dengan banyak perbaikan s2idle (suspend to idle) baru-baru ini serta perbaikan/solusi/peningkatan lainnya seperti di sekitar S0ix, tambalan tertunda sebagai perbaikan/solusi untuk membuat s2idle berperilaku dengan benar — atau lebih tepatnya, lebih tepat waktu — pada lebih Laptop Lenovo bertenaga AMD Ryzen.
Mario Limonciello dari tim klien Linux AMD yang dalam beberapa bulan terakhir telah mengerjakan banyak penangguhan/lanjutan dan perbaikan manajemen daya untuk laptop AMD Ryzen telah melanjutkan pencarian ini dengan tambalan terbaru yang sekarang tertunda sebagai “perbaikan” dalam subsistem driver platform x86 .
Patch dimasukkan ke dalam antrean minggu ini ke cabang “perbaikan” oleh pengelola subsistem driver platform x86 Hans de Goede. Perubahan kode adalah kekhasan resume s2idle untuk berbagai laptop ThinkPad. Ini akan memperbaiki perilaku s2idle pada berbagai AMD Ryzen Lenovo ThinkPads — atau membuat resume terjadi lebih tepat waktu. Solusinya akan datang untuk apa yang setara dengan firmware sistem yang bermasalah.
Limonciello menjelaskan dalam patch, “Laptop Lenovo yang berisi NVME SSD di berbagai generasi memiliki
masalah melanjutkan dari penangguhan ke siaga saat lapisan terjemahan IOMMU aktif untuk perangkat penyimpanan NVME. Ini umumnya bermanifestasi sebagai penundaan resume yang besar atau kesalahan halaman. Penundaan dan kesalahan halaman ini terjadi sebagai akibat dari SMI khusus BIOS Lenovo yang berjalan selama transisi D3->D0 pada perangkat NVME…Buat quirk yang akan berjalan di awal proses resume untuk mencegah SMI ini berjalan. Karena salah satu dari mesin ini diperbaiki, mereka dapat dikupas kembali dari kekhasan ini atau dipersempit ke versi firmware individual.”
Ini harus memperbaiki penanganan resume s2idle untuk laptop Lenovo seperti AMD L14 Gen2, AMD T14s Gen2, AMD X13 Gen2, AMD T14 Gen2, AMD T14 Gen1, AMD T14s Gen1, AMD P14s Gen1, AMD P14s Gen2, dan AMD P14s Gen2. Mengingat itu ada di cabang “perbaikan”, itu harus dikirim sebagai bagian dari batch berikutnya dari perbaikan platform-driver-x86 untuk kernel.

Linux 5.18 yang sedang dikembangkan

Itulah berita seputar Solusi Linux Hadir Untuk Resume s2idle yang Lebih Baik Di Lebih Banyak Laptop AMD Lenovo, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.