Sound Open Firmware 2.3 Dirilis Dengan Dukungan Untuk AMD Rembrandt, Intel Raptor Lake

  • Post author:
  • Post category:Linux

Sound Open Firmware adalah apa yang dimulai sebagai upaya Intel sumber terbuka untuk mendorong firmware suara/DSP yang lebih terbuka dan telah berkembang sejak saat itu menjadi proyek Linux Foundation yang juga didukung oleh vendor lain seperti Mediatek, AMD, Realtek, dan lainnya. Sound Open Firmware 2.3 dirilis pada hari Selasa sebagai kemajuan terbaru untuk tumpukan firmware DSP audio open-source ini.
Sound Open Firmware 2.3 di bagian depan perangkat keras menambahkan dukungan untuk SoC seluler AMD Ryzen 6000 series “Rembrandt”. Di bagian depan Intel juga mendukung prosesor Raptor Lake yang akan datang sebagai penerus Alder Lake.
Sound Open Firmware 2.3 juga merupakan rilis pertama proyek yang menggunakan Zephyr sebagai OS real-time (RTOS) pada platform tertentu. Zephyr RTOS saat ini memilih untuk perangkat keras Intel Tiger Lake sebagai alternatif dari perangkat lunak XTOS yang digunakan hingga saat ini.
SOF 2.3 juga mengintegrasikan peningkatan kinerja SIMD untuk operasi mixer / mesin fotokopi / konverter PCM dengan peningkatan kecepatan hingga 25 ~ 60%. Ada juga banyak perbaikan bug dan peningkatan mendasar lainnya yang dapat ditemukan dengan Sound Open Firmware 2.3.
Sound Open Firmware

Secara keseluruhan pembaruan SOF 2.3 ini cukup signifikan terutama untuk dukungan perangkat keras AMD dan Intel yang baru dan memulai peluncuran penggunaan Zephyr RTOS. Detail lebih lanjut tentang Sound Open Firmware 2.3 dapat ditemukan melalui GitHub.

Itulah berita seputar Sound Open Firmware 2.3 Dirilis Dengan Dukungan Untuk AMD Rembrandt, Intel Raptor Lake, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.