SparkyLinux 2022.07 Hadir dengan Kernel Linux 5.18, Paket Baru, dan Perubahan Lainnya

  • Post author:
  • Post category:Linux


Para pengembang distribusi SparkyLinux berbasis Debian hari ini mengumumkan rilis gambar ISO semi-rolling SparkyLinux 2022.07 berdasarkan repositori Pengujian GNU/Linux Debian.

Didukung oleh seri kernel Linux 5.18 terbaru dan berdasarkan repositori Pengujian Debian pada 5 Juli , 2022, rilis SparkyLinux 2022.07 hadir untuk memberi mereka yang ingin menginstal versi semi-rolling SparkyLinux dengan media instalasi terbaru.

Fitur baru di SparkyLinux 2022.07 menyertakan Python 3.10.4 sebagai implementasi Python default dengan sebutkan bahwa dukungan Python 3.9 telah sepenuhnya dihapus, penginstal grafis Calamares 3.2.60 terbaru, serta dukungan untuk utilitas pemutakhiran baris perintah sparky-upgrade untuk menggunakan nala (jika tersedia) alih-alih apt untuk melakukan upgrade.

Beberapa paket baru adalah sekarang sudah diinstal sebelumnya pada gambar ISO SparkyLinux, seperti aplikasi streaming Hypnotix IPTV dari Linux Mint, nala front-end untuk libapt-pkg, Keyboard on-screen onboard, dan utilitas kompresi lossless cepat zstd (Zstandard). Harap diperhatikan bahwa nala sekarang sudah terinstal secara default, jadi sparky-upgrade akan menggunakannya secara otomatis saat mengupgrade sistem Anda ke versi yang lebih baru.

Perubahan lainnya termasuk penggantian aplikasi pesan instan Kopete dengan KDE Telepathy di gambar KDE Plasma, serta dengan Pidgin IM dalam edisi LXQt, penambahan opsi GRUB_DISABLE_OS_PROBER=false dalam konfigurasi bootloader GRUB untuk membuat os-prober mendeteksi sistem operasi lain secara default, dan berbagai komponen yang diperbarui.

SparkyLinux 2022.07 tersedia untuk diunduh sekarang juga dari situs resminya secara langsung Gambar ISO 64-bit dengan antarmuka pengguna grafis KDE Plasma 5.24.5 LTS, Xfce 4.16, LXQt 0.16.0, MATE 1.26.0, dan Openbox 3.6.1 (MinimalGUI), serta edisi MinimalCLI yang hadir dengan antarmuka pengguna grafis. environment.

Jika Anda menggunakan SparkyLinux 2022.04 atau versi sebelumnya, Anda tidak perlu mengunduh gambar ISO baru. Untuk meningkatkan instalasi Anda ke rilis 2022.07, cukup jalankan perintah sparky-upgrade di terminal emulator.

Sumber: Google, 9to5linux.com