Star Labs Mengungkapkan Mini Linux PC Pertama Mereka yang Didukung AMD dengan Dukungan Coreboot

Vendor perangkat keras Linux berbasis
UK, Star Labs, hari ini meluncurkan mini PC pertama mereka yang diberdayakan Linux yang menampilkan beberapa spesifikasi yang mengesankan dan konfigurasi semua-AMD.

Meet Byte Mk I, mini PC generasi pertama dari Star Labs, yang terkenal dengan laptop Linux yang bagus. Byte Mk I dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 7 5800U Octo-Core dengan grafis AMD Radeon dan clock speed hingga 4.4GHz, mendukung memori hingga 64GB 3200MHz, serta penyimpanan SSD cepat hingga 6TB.

Tapi yang membuat Byte Mk I serbaguna adalah banyaknya port yang disertakan untuk memungkinkan Anda menghubungkan semua yang Anda butuhkan untuk menyiapkan kantor di rumah. Ini memiliki dua port USB 2.0 ukuran penuh, dua port USB 3.0 ukuran penuh, dua port HDMI penuh, port Ethernet Gigabit RJ45, port USB-C untuk pengiriman dan ekspansi daya, jack audio kombo untuk input dan output, dan a Micro SD slot.
Byte Mk I – Gambar milik Star Labs
Seperti dengan semua komputer Linux Star Labs, PC mini Byte Mk I mendukung firmware Coreboot open-source atau American Megatrends (AMI) Aptio V. Komputer dilengkapi dengan keduanya yang sudah diinstal sebelumnya, sehingga Anda dapat beralih di antara keduanya kapan saja dari layar boot.

Firmware Coreboot membuat mini PC sangat ringan dan efisien saat booting, tetapi juga membuka pintu ke berbagai konfigurasi perangkat keras melalui Star Labs. -Utilitas Coreboot Configurator yang dibangun di rumah. Selain itu, Byte Mk I mendapatkan pembaruan firmware untuk BIOS, Embedded Controler, dan SSD dari LVFS (Linux Vendor Firmware Service).
“Komputer yang dirancang untuk perangkat lunak sumber terbuka memerlukan jaminan terbuka. Garansi terbatas 1 tahun kami memungkinkan Anda membongkar komputer, mengganti suku cadang, memasang pemutakhiran, menggunakan sistem operasi apa pun dan bahkan firmware Anda, semuanya tanpa membatalkan garansi,” kata Star Labs.
Terakhir, Byte Mk I dikirimkan dengan distribusi GNU/Linux populer yang sudah diinstal sebelumnya. Pengguna dapat memilih antara Ubuntu 20.04.3 LTS (rasa Kubuntu, Xubuntu atau Ubuntu MATE juga tersedia), OS dasar 6.1, Linux Mint 20.3 (Cinnamon, Xfce atau MATE), Manjaro Linux 21.0 (Xfce, GNOME atau KDE Plasma), MX Linux 21.1 (Xfce, KDE Plasma atau Fluxbox), Zorin OS 16.1 (Core, Lite atau Pro).

Anda dapat mengonfigurasi dan memesan di muka Byte Mk I sekarang juga dari Star Labs. Harga untuk mini PC yang didukung oleh semua-AMD Linux ini mulai dari $793.00 USD untuk konfigurasi dasar dengan RAM 8GB dan penyimpanan 240 SSD. Semua pesanan akan dikirimkan pada akhir Juni 2022 dan Anda mendapatkan diskon 5% otomatis hanya untuk pra-pemesanan perangkat saat masih dalam produksi.

Kredit gambar: Star Labs

Sumber: Google, 9to5linux.com