systemd 253 RC1 Dirilis Dengan Alat “ukify” Baru

  • Post author:
  • Post category:Linux

Pengembang Systemd hari ini merilis kandidat rilis pertama mereka dari rilis fitur systemd 253 mendatang, yang memperkenalkan alat “ukify” baru dan memiliki banyak perubahan lain untuk sistem init Linux yang dominan ini.
Systemd 253 adalah rilis besar lainnya… Di luar pengenalan alat ukify, ada banyak perubahan dan peningkatan pada komponen systemd yang ada. Beberapa sorotan systemd 253-rc1 yang menarik perhatian saya meliputi:
– Alat baru dengan systemd 253 adalah alat “ukify” untuk membuat, mengukur, dan menandatangani Gambar Kernel Bersatu (UKI). Tujuannya adalah agar systemd ukify menggantikan fungsionalitas yang saat ini disediakan oleh “dracut –uefi” sambil menyediakan lebih banyak fungsionalitas sebagai bagian dari filosofi boot UKI / tepercaya yang baru.
– Lingkungan Initrd bukan pada sistem file sementara sekarang didukung.
– Opsi MemoryZSwapMax= baru untuk mengonfigurasi properti cgroup memory.zswap.max.
– Unit cakupan sistem sekarang mendukung opsi OOMPolicy= dengan cakupan sesi login sekarang default ke OOMPolicy=lanjutkan sehingga mereka bertahan dari pembunuh OOM yang menghentikan beberapa proses dalam cakupan.
– Laju maksimum eksekusi ulang daemon sekarang dapat dikontrol melalui opsi ReloadLimitIntervalSec= dan ReloadLimitBurst=.
– Systemd sekarang mengeksekusi generator di namespace mount “sandbox” dengan sebagian besar sistem file menjadi read-only dan kemudian hanya menulis akses untuk direktori output dan titik mount /tmp sementara.
– Jenis unit baru Type=notify-reload di mana ketika unit dimuat ulang melalui sinyal, manajer akan menunggu hingga menerima notifikasi “BACA=1” dari unit.
– Variabel lingkungan baru $SYSTEMD_DEFAULT_MOUNT_RATE_LIMIT_BURST dapat digunakan untuk mengganti batas laju ledakan unit mount untuk parsing /proc/self/mountinfo, dengan nilai default 5.
– Systemd-boot sekarang meneruskan seed acaknya langsung ke RNG kernel melalui tabel konfigurasi LINUX_EFI_RANDOM_SEED_TABLE_GUID.
– Systemd-boot sekarang dapat dimuat dari boot kernel langsung di bawah QEMU, saat disematkan ke dalam firmware, atau skenario non-ESP lainnya.
– “systemctl kexec” sekarang mendukung Xen.
– Berbagai opsi baru untuk systemd-dissect dan systemd-repart.
– systemd-cryptenroll sekarang mendukung pembukaan kunci melalui token FIDO2.

Daftar panjang perubahan systemd 253-rc1 dan unduhan untuk kode sumber systemd tersedia dari GitHub.

Itulah berita seputar systemd 253 RC1 Dirilis Dengan Alat “ukify” Baru, semoga bermanfaat. Disadur dari Phoronix.com.