SystemRescue 9.00 Dirilis dengan Linux 5.15 LTS, Dukungan NTFS Lebih Baik, dan Banyak Lagi


SystemRescue (sebelumnya dikenal sebagai SystemRescueCd) Perangkat penyelamatan sistem langsung yang didukung Linux telah diperbarui hari ini ke versi 9.00, rilis utama yang menghadirkan fitur dan teknologi baru.

Tiba sepuluh bulan setelah SystemRescue 8.00, rilis SystemRescue 9.00 didukung oleh versi lama terbaru term didukung (LTS) Seri kernel Linux 5.15, yang tidak hanya membawa dukungan perangkat keras yang lebih baik, tetapi juga memperkenalkan fitur-fitur baru seperti implementasi sistem file NTFS baru yang menyediakan dukungan NTFS (baca/tulis) yang berfungsi penuh.

Perubahan besar lainnya dari rilis SystemRescue 9.00 termasuk dukungan awal untuk mengonfigurasi sistem dengan file YAML, dukungan untuk mengonfigurasi autorun dengan file konfigurasi YAML baru, serta skrip penyesuaian sysrescue baru yang menjanjikan untuk memungkinkan pengguna membuat image ISO khusus.

Selain itu, rilis SystemRescue baru menyertakan beberapa paket baru, seperti patch, rdiff-backup, aq, python-yaml, python-llfuse, dan libisoburn, memperkenalkan kembali e paket inetutils (telnet, ftp, nama host, dll.) yang hilang dari rilis sebelumnya, dan mengganti paket mesa dengan alternatif minimal untuk menghemat 52MB pada gambar ISO langsung.

Di antara perubahan penting lainnya, ISO langsung SystemRescue kini hadir dengan salinan situs web system-rescue.org sebagai manual offline untuk pendatang baru, yang mungkin berguna ketika Anda tidak memiliki akses ke Internet, serta skrip inisialisasi sistem bash yang diperbarui yang telah di-porting ke Python.

Last namun tidak kalah pentingnya, driver xf86-video-qxl XOrg untuk GPU virtual QXL telah dihapus dari rilis ini karena saat ini dianggap tidak stabil. Anda dapat mempelajari daftar lengkap paket yang disertakan di sini.

Sementara itu, jika Anda perlu melakukan administrasi atau pemulihan sistem setelah kerusakan perangkat keras, Anda dapat mengunduh SystemRescue ISO baru sekarang dari situs web resmi untuk sistem 64-bit dan 32-bit, atau dengan mengklik tautan unduhan langsung di bawah ini.
Unduh SystemRescue 9.00 (64-bit)Unduh SystemRescue 9.00 (32-bit)

Sumber: Google, 9to5linux.com