Tampilan Pertama Crystal Linux, Distro Berbasis Arch Linux yang Berfokus pada Kemudahan Penggunaan dan Kegunaan

  • Post author:
  • Post category:Linux


Hari ini saya memperkenalkan Anda ke Crystal Linux, distribusi berbasis Arch Linux yang berfokus pada kemudahan penggunaan dan kegunaan serta aksesibilitas yang siap pakai bagi mereka yang ingin menggunakan Arch Linux.

Meet Crystal Linux, calon berbasis Arch Linux. distro yang, sama seperti EndeavourOS dan distro serupa lainnya, ingin menghadirkan kekuatan, kesederhanaan, dan fleksibilitas distribusi Arch Linux kepada massa, sebagian besar ditargetkan untuk pengguna yang menginginkan pengalaman Arch Linux yang hebat dengan proses penyiapan yang sangat mudah.
“ Kami menyadari bahwa banyak distro yang agak “konservatif” dengan teknologi yang mereka gunakan, itulah sebabnya kami bertujuan untuk membuat pengalaman desktop yang mudah digunakan yang juga menggunakan teknologi Linux yang lebih modern/kurang populer. Anda bisa mengatakan itu adalah Fedora of Arch, membawa hal-hal baru ke desktop Linux, sementara juga relatif mudah digunakan.”
Tidak seperti distro berbasis Arch Linux lainnya, Crystal Linux mencoba untuk menjadi unik karena dilengkapi dengan built-in sendiri. installer yang memungkinkan Anda mengatur zona waktu Anda, memilih tata letak keyboard, membuat pengguna, mengatur nama host, mempartisi disk, dan memilih lingkungan desktop default atau pengelola jendela.

Pengguna dapat memilih antara GNOME, KDE Plasma, LXQt, Cinnamon, MATE, dan lingkungan desktop Budgie, serta AwesomeWM, i3, Sway, bspwm, dan pengelola jendela ubin herbaltluftwm. Juga, penginstal memiliki kemampuan untuk mengaktifkan zRAM untuk membuat area terkompresi dari Swap di RAM.

Aplikasi Timeshift juga dapat diinstal selama instalasi jika Anda ingin memiliki snapshot Btrfs otomatis pada peningkatan paket, bersama dengan opsi di menu bootloader untuk memuat sistem dari snapshot lama jika terjadi kesalahan.

ISO live Crystal Linux telah diinstal sebelumnya dengan Onyx, lingkungan desktop GNOME yang sedikit disesuaikan untuk kegunaan dan aksesibilitas. Onyx mengandalkan ekstensi Dash to Panel untuk menawarkan kepada pengguna tata letak yang familier dengan bilah tugas bawah dan tanpa bilah atas, serta beberapa pengaya praktis, seperti pembaruan yang sangat berguna notifier.

Untuk gamer, ada juga Kafein, yang menonaktifkan screensaver dan penangguhan otomatis. Selain itu, GSConnect diinstal sebagai implementasi lengkap dari KDE Connect untuk GNOME Shell yang memungkinkan Anda dengan mudah mengelola perangkat seluler Anda untuk berbagi tautan dan file, mengirim dan menerima pesan, menyinkronkan kontak dan notifikasi, mengontrol pemutar media dan volume sistem, dan bahkan menjalankan perintah yang telah ditentukan.
“Kami mengirimkan GNOME dan Onyx dengan Pipewire dan Wayland/XWayland, kami sangat percaya pada Flatpak dan semua aplikasi kami ditulis dengan libadwaita. Kami tidak secara langsung menggunakan ostree, tetapi mungkin ada versi Crystal Linux yang tidak dapat diubah di masa mendatang, menggunakan snapshot Btrfs seperti halnya MicroOS.”
Crystal Linux tidak dilengkapi dengan banyak aplikasi pra-instal. Faktanya, selain aplikasi GNOME standar, Anda hanya akan menemukan Mozilla Firefox sebagai browser web default, serta editor teks berbasis terminal Vim dan Micro. Namun, distro ini hadir dengan dukungan bawaan untuk aplikasi Flatpak.

Yang juga membuat Crystal Linux menonjol dari distro berbasis Arch Linux lainnya adalah ia hadir dengan pembungkus pacmannya sendiri dan pembantu AUR (Arch User Repository) yang disebut amethyst (ame) , yang diklaim oleh para pengembang sebagai pembantu AUR tercepat. Selain itu, ia menawarkan Malachite (mlc), alat sederhana untuk mengelola repositori lokal.

Pada saat penulisan, Crystal Linux masih dalam pengembangan yang berat dan belum memiliki rilis ISO yang stabil. Namun, jika Anda ingin mencobanya di komputer pribadi atau mesin virtual, Anda dapat mengunduh snapshot ISO terbaru dari halaman GitHub proyek.

Rilis stabil pertama Crystal Linux direncanakan untuk November 2022 dengan lebih banyak barang !

Sumber: Google, 9to5linux.com