Tampilan Pertama pada Fitur Screenshot dan Screencast bawaan GNOME 42

  • Post author:
  • Post category:Linux


Seri lingkungan desktop GNOME 42 yang akan datang akan menampilkan fitur screenshot dan screencast built-in yang akan menggantikan utilitas Screenshot GNOME yang ada. tidak pernah melihatnya beraksi dalam keadaan penuh dan final. Karena itu, saya ingin Anda menjadi yang pertama melihatnya beraksi dan mempelajari kemampuannya di sini di 9to5Linux.

Pertama-tama, saya ingin menjelaskan bahwa ini bukan aplikasi baru yang akan menggantikan utilitas Tangkapan Layar GNOME, tetapi fungsionalitas bawaan GNOME Shell yang dapat Anda aktifkan di lingkungan desktop GNOME 42 dan versi yang lebih baru melalui tombol PrtSc (Layar Cetak) pada keyboard Anda.

Jika Anda pernah menggunakan macOS Mojave atau lebih baru, Anda akan menemukan yang baru Fitur screenshot dan screencast GNOME 42 sangat mirip. Ini sebenarnya lebih mudah digunakan dan memiliki UI yang lebih intuitif yang menampilkan sakelar untuk beralih antara fungsionalitas tangkapan layar dan screencast, tombol rekam/ambil tangkapan layar, dan sakelar untuk menampilkan atau menyembunyikan kursor mouse.

Sama seperti Tangkapan Layar GNOME atau tangkapan layar lainnya utilitas, fitur screenshot dan screencast built-in baru dari GNOME 42 memungkinkan Anda memilih antara tiga mode, yaitu Pilihan (Area), Layar (Seluruh Layar), atau Window.

Sayangnya, Anda tidak akan dapat merekam (screencast) hanya jendela, tetapi Anda selalu dapat menggunakan mode Pilihan. Saya juga harus mencatat fakta bahwa mode Jendela tersedia dalam mode tangkapan layar hanya jika Anda memiliki setidaknya satu jendela yang terbuka. Jika beberapa jendela dibuka, UI akan memungkinkan Anda memilih salah satu yang ingin Anda screenshot di layar Ikhtisar yang bagus.

Selama screencast, indikator perekaman layar yang berguna akan terlihat di panel atas untuk menunjukkan durasi perekaman. Kapan pun Anda ingin menghentikan perekaman, cukup klik pada indikator perekaman dan rekaman akan secara otomatis disimpan dalam format WebM dalam folder Screencasts di direktori Video Rumah Anda.

Di sisi lain, tangkapan layar akan disimpan secara otomatis di folder bernama Tangkapan layar terletak di direktori Gambar Anda di Beranda. Semua tangkapan layar dan screencast juga akan muncul di tampilan Terbaru di Nautilus (File).

Beberapa fitur bagus lainnya dari tangkapan layar dan screencast UI adalah kemampuan untuk menarik dan melepas jendela ke ruang kerja lain dalam mode Ikhtisar selama perekaman layar, kemampuan untuk secara otomatis tutup saat layar terkunci karena tidak aktif, notifikasi dengan kemampuan untuk membuka file, navigasi keyboard, serta kompresi PNG asinkron untuk screenshots.

Sumber: Google, 9to5linux.com